Sukses

Ratusan Warga Rawa Buaya Masih Mengungsi Akibat Banjir Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan warga Kelurahan Rawa Buaya Jakarta Barat masih mengungsi di beberapa lokasi akibat banjir pada Sabtu 20 Februari 2021.

"Tercatat 159 kepala keluarga yang terdiri dari 685 jiwa masih mengungsi," kata Lurah Rawa Buaya Kecamatan Cengkareng, Syafwan Busti saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (21/2/2021) dikutip Antara

Dia mengatakan, 20 warga menempati rumah pompa di Jalan Dharma Wanita 4, lalu 415 orang mengungsi di SDN 02 dan 03 Rawa Buaya, dan RPTRA Carina Sayang sebanyak enam orang akibat banjir. Kemudian ada pula sebanyak 120 orang di Rusun Lokbin Rawa Buaya, 24 oranı di RPTRA Intiland, dan PAUD Assofa mencapai 100 orang.

Lanjut Syafwan, pengungsi didominasi warga berusia dewasa sebanyak 508 orang, disusul 83 balita, 78 anak, 11 lanjut usia, dan lima bayi. Sementara itu, saat ini terdapat 53 titik masih tergenang banjir di Kelurahan Rawa Buaya.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pihaknya telah mengantisipasi banjir yang terjadi pada 2021 ini sejak tahun-tahun sebelumnya.

"Ya, kami sudah bersiaga selama persiapan dari tahun-tahun kemarin," sebut Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Minggu (21/2/2021).

 

2 dari 3 halaman

Tanggap Bencana

Anies membeberkan, hal ini terlihat dari kecekatan timnya dalam merespons bencana ini. Sinergi dengan seluruh pihak dapat terjalin dengan cepat begitu banjir melanda Ibu Kota.

"Indikasinya apa? Indikasinya adalah kecepatan bergerak seluruh jajaran langsung bergerak ketika terjadi hujan yang amat deras sehingga teman-teman bisa lihat ketika terjadi hujan dalam waktu relatif singkat kita bisa bekerja bersama-sama seluruh masyarakat, jajaran termasuk TNI, Polri untuk memastikan segera surut. Nah, ini sudah Anda saksikan sendiri jadi insyaallah ke depan juga kita terus pertahankan tiga prinsip kita, satu siaga, dua tanggap, tiga galang, tiga ini kita jalankan terus," kata dia.

Menurut dia, hingga Minggu (21/2/2021) siang, hanya 17 rukun warga (RW) di Jakarta yang masih terendam banjir. Jumlah ini dinilai turun signifikan dibanding hari sebelumnya yang mencapai 113 RW.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: