Sukses

PDIP Tanam Pohon di BKT, Basarah Harap Bisa Cegah Banjir dan Buat Udara Bersih

Kegiatan menanam pohon dan merawat lingkungan juga dilakukan oleh kader PDIP di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah turut menyemarakkan kegiatan menanam pohon dan bersih-bersih sungai pada hari ini, Minggu (21/2/2021).

Kegiatan itu merupakan rangkaian program Gerakan Penghijauan dan merawat Daerah Alirah Sungai 'Cinta Ciliwung Bersih' dan kelanjutkan instruksi partai yang disampaikan pada HUT ke-48 PDIP, Januari 2021 lalu.

Basarah bersama 200 kader PDIP lainnya menanam pohon sekaligus bersih-bersih sungai di area Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta Timur, Pondok Kopi.

"Saya menanam pohon mahoni. Bersama-sama dengan hampir 200 teman-teman DPC, PAC, kemudian ranting dan anggota DPRD yang diutus dari kabupaten-kota yang ditugaskan ke DAS Banjir Kanal Timur, Pondok Kopi, Jakarta Timur," kata Basarah, Minggu (21/2/2021).

Menurut Basarah, gerakan politik penghijauan ini merupakan agenda nasional PDIP. Kegiatan menanam pohon dan merawat lingkungan juga dilakukan oleh kader PDIP di seluruh Indonesia.

Wakil Ketua MPR itu mengaku sudah dua kali mengikuti kegiatan serupa yakni di pinggiran kali yang berada di Jalan Prapatan Baru, Senen, Jakarta Pusat pada Januari 2021 kemarin.

Bersama dengan Basarah, ikut juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

"Artinya kelanjutannya adalah bahwa program menanam pohon ini tidak hanya dilakukan di daerah aliran Sungai Ciliwung. Tapi juga diharapkan aliran- aliran sungai di seluruh wilayah Indonesia ini juga mendapatkan perhatian untuk mendapatkan tanaman-tanaman yang dapat menyerap air mereka di wilayah sungai masing-masing," kata Basarah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Iklim

Basarah menjelaskan, misi menanam pohon yang dilakukan partai berlambang banteng ini untuk menjaga bumi dari ancaman perubahan iklim.

Sementara itu, kata Basarah, program Cinta Ciliwung Bersih diharapkan menjadi sumber kehidupan bagi manusia.

"Selain dapat membuat paru-paru udara di sekitarnya menjadi bersih karena banyak pohon, juga jadi para-paru udara di sana. Dan dapat mencegah banjir yang mungkin terjadi kalau serapan air dari pohon-pohon tidak maksimal," jelas dia.

Di hari yang sama, Ketua DPP PDIP Ribka Tjitaning terjun dengan sejumlah kader termasuk Ketua DPC PDI Jakarta Selatan Yuke Yurike melakukan penanaman pohon di Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Kami menanam 60 pohon terdiri dari mangga, nangka, dan petai," kata Yuke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.