Sukses

Datangi Mabes Polri, Infosos Lampung Desak Dugaan Pemalsuan Ijazah Diusut Tuntas

Ijazah yang diduga palsu tersebut sudah digunakan yang bersangkutan sejak mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung pada Pileg 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Provinsi Lampung mendukung penuh pemimpin yang berintegritas dan jujur dalam segala hal. Terkait dengan dugaan kasus hukum penggunaan ijazah palsu oleh Eva Dwiana, membuat LSM Informasi Sosial (Infosos) Lampung turut andil memperjuangkan dan menyuarakan calon pemimpin terpilih yang bersih dalam semua aspek.

Hal itu disampaikan oleh Ichwan selaku perwakilan LSM Infosos Lampung saat memimpin demo di Mabes Polri dan Kantor Mendagri, Jumat (19/2/2021) siang, untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Lampung yang mendambakan pemimpin yang jujur dan bersih.

"Bagaimana bisa seorang yang mencalonkan diri menjadi pemimpin mempunyai legalitas pendidikan yang diduga palsu dapat memberi contoh yang baik untuk warganya kelak. Kami berharap Kepolisian dan Kemendagri berperan dalam menindaklanjuti kepala daerah yang menggunakan ijazah palsu dan menunda SK Kepala Daerah terpilih yang sedang dalam proses hukum terkait hal ini," ujar Ichwan saat menyampaikan orasinya di depan Mabes Polri, Jakarta.

Menurut dia, aksi ini digelar karena masyarakat Bandar Lampung butuh pemimpin yang memiliki integritas, untuk itu mereka berharap Mabes Polri mengusut tuntas penggunaan ijazah yang diduga ilegal oleh Eva Dwiana. Lebih lanjut, koordinator aksi demo Ichwan mengatakan, penggunaan ijazah palsu ini melanggar Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 69 Ayat 1 dan Pasal 263 KUHP.

Ijazah yang diduga palsu tersebut sudah digunakan yang bersangkutan sejak mencalonkan sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung pada Pileg 2019.

"Dalam berkas persyaratan di KPU sebagai anggota dewan terpilih, yang bersangkutan melampirkan dan mencantumkan gelar S2 (Msi) yang dikeluarkan pada tahun 2012 oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) YAPPANN Jakarta yang ternyata STIA tersebut sudah ditutup dan dibekukan oleh Kementrian Pendidikan sejak 2015 dikarenakan memiliki kasus memperjualbelikan ijazah," terang Ichwan.

Lanjutnya, berdasarkan pengecekan pada Pangkalan Data Direktorat Perguruan Tinggi (PDDIKTI), atas nama Eva Dwiana dengan NPM 010420449 ternyata tidak terdaftar sebagai mahasiswa perguruan tinggi (PT) tersebut.

"Meskipun PT sudah dibekukan oleh Dikti namun jika mahasiswa pernah menjalani proses perkuliahan secara resmi pasti namanya muncul berikut profile serta status lulus atau belum," lanjutnya.

Ichwan menegaskan agar Mabes Polri segera menginstruksikan ke Polda Lampung untuk mempercepat proses penyelidikan yang sudah dilaporkan Infosos sejak Desember 2020.

"Tentunya kami ingin Kota Bandar Lampung bisa dijadikan contoh yang baik dalam mengawal demokrasi kepemimpinan di Indonesia. Itu didasari oleh keinginan semua lapisan masyarakat Kota Bandar Lampung yang mendukung calon-calon pemimpin terbaiknya. Bagaimana mungkin seorang calon pemimpin bisa adil dan menjalankan roda kepemimpinannya, jika dalam karakternya tidak memcerminkan kejujuran," tegas Ichwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Jadi Pelajaran

Dia mengatakan, sebagai warga negara yang patuh akan hukum, pihaknya menyuarakan aspirasi ini dan berharap masalah akan dituntaskan lewat hukum yang berlaku di Indonesia. Jika terbukti bersalah, maka sudah selayaknya terlapor ditindak secara pidana dan denda sesuai hukum yang berlaku.

"Semoga masalah ini tidak berulang dan menjadi pelajaran bagi masyarakat dalam memilih pemimpin yang menjunjung tinggi integritas dan kejujuran," Ichwan memungkasi.

Polda Lampung sendiri berjanji menindaklanjuti laporan Infosos tentang dugaan pelanggaran terhadap UU Sistem Pendidikan Nasional Pasal 69 ayat 1 dan Pasal 263 KUHP itu, namun hingga saat ini belum ada keputusan hukumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.