Sukses

Satgas Covid-19 Sebut Tak Ada Solidaritas Antarnegara Hadapi Pandemi Corona

Menurut Wiku, saat ini tidak terlihat solidaritas antarnegara dalam rangka penyediaan vaksin Covid-19. Semua negara sibuk berpikir untuk kepentingannya masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, tidak ada solidaritas antarnegara menghadapi pandemi virus corona.

Menurutnya, saat ini tidak terlihat solidaritas antarnegara dalam rangka penyediaan vaksin Covid-19. Semua negara berpikir untuk kepentingannya masing-masing.

"Kalian yang tinggal di Inggris sekarang bisa lihat, ada enggak solidaritas antarnegara sekarang? membayangkan tentang vaksin? Enggak ada. Semua berpikir tentang dirinya sendiri," ujar Wiku dalam webinar yang digelar PPI London, Sabtu (13/2/2021).

Wiku mengatakan, harus ada yang memimpin proses kolaborasi antarnegara untuk menghadapi pandemi Covid-19. Jika tidak, virus corona akan menang. Sebab virus itu tidak mengenal batas negara.

"Jadi suatu saat nanti, sooner or later, harus ada leader yang melakukan proses kolaborasi untuk antarnegara, solidaritas antarnegara. Ini adalah gerakan kemanusiaan, karena virus kan enggak kenal batas negara. Kalau dia tahu ada batas negara, pasti enak. Virusnya pasti menang, manusia akan kalah. Jadi justru itu kita harus punya pemahaman secara komplit," kata Wiku.

Ia juga mengutip laporan Bloomberg terkait analisis proses vaksinasi. Laporan itu menyebut, dunia membutuhkan waktu 7 hingga 10 tahun untuk proses vaksinasi. Namun, proses itu bisa dipercepat asal jumlah vaksinnya memadai.

"Apakah manusia diam saja dengan analsis itu? Itu kan cuma analisis saja dengan kondisi sekarang. Ya kalau vaksinnya lebih banyak, ya mungkin cuma dua tahun atau bahkan satu tahun. Atau kalau terjadi mutasi bisa-bisa lebih panjang dari 10 tahun. Jadi jangan takut dengan kondisi itu," kata Wiku.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin Bukan Satu-satunya Solusi

Wiku berpendapat masyarakat tidak bisa berserah saja terhadap kondisi tersebut. Menurutnya, vaksin bukan satu-satunya solusi melawan pandemi. Perlu menegakkan testing, tracing, dan treatment, serta memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak.

"Jadi jangan punya tameng satu aja, kalau vaksinasi satu saja nggak akan bisa. Kita makanya punya banyak itu dalam rangka melindunginya, dan itu adaptasi kebiasaan baru dalam manajemen dalam bersikap. Sedunia, bayangkan. Jadi tugasnya itu berat kalau gak bersama-sama dengan seluruh rakyat di dunia gak akan bisa," pungkasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.