Sukses

PPKM Mikro Berlaku Hari Ini, Penumpang Bus di Terminal Pulogebang Wajib Jalani Rapid Test

Istiono menyampaikan PPKM Mikro ini tertuang dalam Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan penerima protokol kesehatan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang mulai berlaku 9-22 Februari 2021 di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

Dalam pengecekan ini, Istiono menyampaikan PPKM Mikro ini tertuang dalam Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021.

Aturan itu memuat tentang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian Covid-19.

Istiono mengatakan atas dasar SE Mendagri 3 itulah, pihaknya bersama stakholder terkait mengecek kesiapan arus libur imlek pada weekend ini. Kakorlantas ingin penerapan PPKM Mikro berjalan dengan baik khususnya untuk para penumpang yang hendak berlibur imlek.

"Dasar ini menjadikan kita untuk melakukan antisipasi sekaligus libur panjang. Hari ini kita cek, bagaimana langkah-langkah yang dilakukan Pulo gebang untuk menerapkan penumpang umum harus dilakukan rapid test. Bisa juga dilakukan secara random,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di lokasi.

Istiono yang didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksa, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo, Dirut PT Jasa Raharja Budi Setiyadi mengaku puas dengan penerapan prokes di terminal Pulo gebang. Kakorlantas menyebut prokes di terminal Pulogebang berjalan baik dengan adanya test Genose C19.

"Kita lihat sama-sama genose rapid secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturan SE 03 khusus untuk bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di jawa sifatnya random. Kemudian untuk umum dan pribadi juga random,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Tes Rapid Antigen Acak

Untuk mengantisipasi libur panjang, Korlantas akan menggelar random test antigen di rest area pulau Jawa khususnya di jalan tol. Random cek antigen ini untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan,” jelasnya.

"Ini kesiapan kita bahwa terminal pulo gebang sudah siap untuk melakukan langkah-langkah prokes Covid-19 yang harus dilakukan oleh penumpang. Agar covid bisa ditekan secara maksimal,” sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.