Sukses

Daftar TPU di Jakarta untuk Pemakaman Korban Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Ivan Murcahyo mengungkapkan sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) yang digunakan untuk memakamkan korban Covid-19. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurut dia, untuk jenazah nonmuslim akan dimakamkan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Unit muslim di Bambu Wulung (Jakarta Timur) yang terpakai. Sekarang ditambah jadi tiga termasuk Srengseng Sawah 2 (Jakarta Selatan)," kata Ivan saat dikonfirmasi soal pemakaman korban Covid-19, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Sementara itu, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI terus mempersiapkan sejumlah TPU tambahan di Jakarta. Misalnya TPU Rorotan, Jakarta Utara hingga TPU Dukuh, Jakarta Timur.

"Yang Rorotan memang masih kita persiapkan mungkin pertengahan Februari bisa kita pakai," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menyiapkan lima lahan untuk pemakaman khusus pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19. Anggaran yang digunakan untuk membuka lahan tersebut mencapai Rp 185 milliar.

 

2 dari 3 halaman

Asal Dana

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Suzi Marsitawati menyatakan anggaran yang digunakan berasal dari APBD perubahan tahun 2020.

"Jumlahnya dari lima lokasi itu sekitar 3,3 hektar, satu petak makam itu memerlukan 3,75 meter persegi. Itu satu petak makam dan sekarang kan kondisinya memang belum ditata, jadi sedikit lagi kita akan tata," kata Suzi saat dikonfirmasi, Selasa (26/1/2021).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: