Sukses

Dinkes Tegaskan Bupati Sleman Positif Covid-19 Tak Terkait dengan Vaksinasi

Bupati Sleman, Sri Purnomo positif terinfeksi Covid-19. Dia terjangkit virus SARS-CoV-2 asal Wuhan, China itu setelah divaksinasi Covid-19 pada Senin, 14 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta Bupati Sleman, Sri Purnomo positif terinfeksi Covid-19. Dia terjangkit virus SARS-CoV-2 asal Wuhan, China itu setelah divaksinasi Covid-19 pada Senin, 14 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo memastikan tak ada kaitan antara terinfeksi Covid-19 dengan vaksinasi terhadap Sri Purnomo.

"Bapak bupati kondisinya positif (Covid-19) bukan karena divaksin," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (22/1).

Joko menegaskan, vaksinasi justru mengurangi gejala Covid-19 pada seseorang jika terinfeksi. Namun, diakuinya vaksinasi Covid-19 belum membentukan kekebalan tubuh pada Sri Purnomo.

Sebab, Sri Purnomo baru menerima vaksin Covid-19 satu kali. Berdasarkan jadwal, Sri Purnomo akan menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada 28 Januari 2021.

"Kalau baru sekali diberikan vaksin belum memberikan efek kekebalan atau pembentukan anti bodi belum memadai. Sehingga harus diberikan booster atau suntikan kedua yang akan membentuk kekebalan secara optimal," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Tinggi

Menurut Joko, Sri Purnomo terinfeksi Covid-19 karena aktivitas bertemu banyak orang sangat tinggi. Aktivitas tersebut membuka peluang penularan Covd-19.

"Aktivitas bapak bupati yang tinggi dan bertemu dengan banyak tamu-tamu dimungkinkan tertular dari aktivitas tersebut," ujarnya.

Sri Purnomo mengumumkan dirinya positif Covid-19 melalui akun Instagramnya, Kamis (21/1/2021). Usai mengumumkan diri positif, Sri Purnomo pun menjalani isolasi mandiri di rumah dinas.

Reporter: Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.