Sukses

Jokowi Sambangi Posko JICT, Apresiasi Tim SAR dalam Evakuasi Sriwijaya Air SJ 182

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambangi posko pencarian Sriwijaya Air SJ 182 di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Rabu (20/1/2021). Dia tiba pada pukul 14.00 WIB.

Kehadiran Jokowi disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono.

Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana bahan panjang berwarna hitam. Bagian mulut ditutupi masker N95.

Jokowi mendatangi posko Basarnas dan Posko TNI AL. Terlihat komandan yang bertugas di perairan Kepulauan Seribu memberikan laporan secara virtual terkait perkembangan pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Jokowi juga menyaksikan pemberian santunan yang dilakukan oleh Dirut Jasa Rahaja dan Dirut Sriwijaya Air kepada ahli waris atau keluarga korban.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi instansi yang terlibat dalam operasi SAR terkait pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu sore 9 Januari 2021.

"Terima kasih dan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada tim SAR gabungan Menhub, Basarnas, TNI, Polri dan KNKT serta seluruh unsur atas kerja keras sejak awal musibah sampai saat ini. Kita tahu telah ditemukan serpihan yang besar maupun kecil dan kotak hitam juga sudah. Tinggal menunggu sekarang ini yang CVR," ujar dia.

Usai memberikan sambutan, Jokowi sempat menyapa keluarga korban sebelum meninggalkan JICT.

2 dari 3 halaman

Evakuasi Sriwijaya Air Hari ke-12

Operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu sore 9 Januari 2021 memasuki hari ke-12. 

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman menyampaikan, Tim SAR gabungan memfokuskan pencarian Sriwijaya Air di bawah laut pada hari ini. 

"Untuk fokus pencarian pada hari ini kita lebih kepada bawah air," kata Rasman di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Rabu (20/1/2021).

Rasman menerangkan, 300 penyelam yang tergabung dalam operasi SAR akan menyisir empat zona. Masing-masing zona luas 15 sampai 30 meter.

"Jadi kita persempit di situ karena diperkirakan di situlah titik pecahan atau titik jatuhnya. Dan itu terbukti dari pencarian yang dilakukan kemarin kita masih bisa menemukan bagian tubuh korban dan serpihan. Harapan kita CVR juga ada di sekitar situ," ucap Rasman.

Selain pencarian di bawah laut, pencarian Sriwijaya Air SJ 182 juga dilakukan melalui udara. Rasman menyebut, 15 unit pesawat dikerahkan dalam operasi SAR hari ini.

Dia menegaskan, pencarian di atas permukaan tetap dilakukan. Bahkan, diupayakan sampai ke pesisir pantai Utara Jawa ke arah Jakarta, Banten, dan sebagainya.

"Penyisiran menggunakan 62 unit kapal, namun tidak semua ada di lokasi. Ada yang sebagian harus sandar untuk mengisi logistik dan lain sebagainya. RIB kita atau alut kecil itu masih 21 unit," ucap Rasman.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: