Sukses

Kunjungi Pos Pengungsian Korban Erupsi Merapi, Kakorlantas Ingatkan Hindari Kerumunan

Istiono mengatakan operasi lilin 2020 yang digelar Korlantas Polri yakni operasi kemanusiaan sejalan dengan membantu para pengungsi korban erupsi gunung Merapi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono meninjau pos pengungsian korban erupsi Gunung Merapi di Klaten, Jawa Tengah.Dalam kunjungannya itu, Istiono mengingatkan para pengungsi untuk tidak berkerumun dan mematuhi protokol kesehatan.

“Saat ini saya berkunjung ke dapur umum bencana erupsi Gunung Merapi di daerah Klaten. Dapur umum yang digelar polda Jateng sangat efektif, sangat bagus. Kegiatan-kegiatannya setiap hari membantu korban bencana erupsi gunung Merapi,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Lapangan Keputran Kemalang, Klaten Jawa tengah, Selasa (29/12/2020).

"Kita juga mensosialisasikan protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan meski di tempat pengungsian,” sambung dia.

Istiono mengatakan operasi lilin 2020 yang digelar Korlantas Polri yakni operasi kemanusiaan sejalan dengan membantu para pengungsi korban erupsi gunung Merapi. Sudah sepekan lebih, Polda Jateng dan Korlantas Polri sudah membantu dengan membagikan nasi bungkus gratis sebanyak 8 ribu.

"Operasi lilin 2020 ini adalah Ops kemanusiaan. Dan saat ini kami mengunjungi salah satu titik dapur umum untuk melayani masyarakat pengungsian, untuk membantu mereka  melayani korban erupsi yang sudah beberapa hari ini digelar polda Jatim. Kegiatan ini sudah dilaksanakan dari tanggal 22 Desember kemarin, sekitar 8 ribu kegiatan kita yaitu membagikan nasi bungkus ya dll. Kemudian ada mainan anak-anak dan trauma healing juga,” pungkas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanyekan Prokes

Istiono menyampaikan pihaknya menyiagakan anggotanya di pos pengungsian untuk membantu pengamanan termasuk mengkampanyekan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kita juga lihat Kesiap-siagaan menunya, juga yang disajikan oleh anggota untuk para pengungsi ini. Operasi lilin ini memang dalam kondisi pandemi Covid-19. Situasinya sekarang ini adalah musim hujan. Musim hujan ini rawan bencana banjir, tanah longsor. Kapan berakhirnya kita belum tau, mudah-mudahan ini akan segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas biasa,” tutur dia.

Kakorlantas dalam kesempatan juga turut memberikan bantuan berupa sembako dan paket untuk pencegahan COVID-19 seperti masker dan hand sanitizer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.