Sukses

Pemkot Tangsel Tambah 20 Tempat Tidur Rumah Lawan Covid-19

Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menambah jumlah tempat tidur Rumah Lawan Covid-19, untuk menampung pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) di wilayahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menambah jumlah tempat tidur Rumah Lawan Covid-19, untuk menampung pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) di wilayahnya.

"Rumah lawan covid akan ditambah 20 ruangan lagi. Sejauh ini baru terisi 100 dari kapasitas 150," ungkap Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Jumat (25/12/2020).

Menurutnya, peningkatan kasus kematian disebabkan isolasi mandiri yang tak optimal. Banyak pasien Covid-19 yang masuk ke rumah sakit terlambat, baru dirawat dua sampai tiga hari pasien meninggal.

Untuk itu, Pemkot akan membangun isolasi mandiri terpusat lagi seperti rumah lawan Covid. Namun saat ini, untuk mencari hotrl sepertinya bukanlah solusi, sebab setelah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tangsel, ternyata mayoritas hotel penuh.

"Tapi, kita terus mencari lokasi alternatif lainnya, bisa kos-kosan atau guest house untuk dijadikan tempat isolasi mandiri, sehingga pasien covid-19 bisa mendapatkan perawatan yang benar dan kasus kematian bisa ditekan," kata Airin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desember Tertinggi

Sebelumnya, Airin mengungkapkan, bila peningkatan kasus Covid-19 di Desember menjadi tertinggi dibandingkan Maret lalu. Pihaknya juga terus menambah sarana dan prasarana instalasi Intensive Care Unit (ICU), baik rumah sakit swasta dan pemerintah.

"Kasus (covid-19) meningkat, beberapa rumah sakit menambah ruangannya. Kita juga akan pergunakan Rumah Sakit Pakulonan yang baru selesai dibagun, menjadi rujukan khusus Covid-19," tandasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.