Sukses

Jokowi: Krisis Akibat Pandemi Covid-19 Perburuk Capaian SDGs

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak negatif baik di sektor kesehatan maupun perekonomian. Menurut dia, kondisi krisis ini membuat target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi sulit untuk tercapai.

"Saat ini tantangan untuk mencapai target SDGs kini semakin berat. Pandemi telah akibatkan krisis kesehatan dan perekonomian yang memperburuk capaian SDGs kita, bahkan juga capaian SDGs dunia," kata Jokowi saat memberi sambutan untuk Konferensi Tahunan SDGs Indonesia melalui Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/12/2020).

Kendati begitu, dia menekankan bahwa kondisi ini tak membuat pemerintah menurunkan target SDGs. Untuk itu, Jokowi meminta adanya terobasan dan inovasi baru dalam mencapai target SDGs.

"Tidak ada cara lain, bahwa inovasi harus terus dilakukan, cara yang lebih efektif dan efisien harus terus dikembangkan, hasil yang lebih maksimal harus terus diperjuangakan," katanya.

Dia menilai dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkerj asama dengan peneliti, akademisi, hingga institusi target SDGs Indonesia dapat tercapai.

Pasalnya, setiap praktisi baik di pemerintahan, masyarakat sipil, maupun swasta memiliki keunggulan dan pengalaman yang berbeda-beda.

"Kekayanan pengetahuan itulah yang harus kita sinergikan, dibutuhkan keseriusan untuk saling berbagi dan saling bersinergi. Dibutuhkan agenda yang jelas di setiap forum-forum semacam ini dengan target yan jelas," tuturnya.

 

2 dari 3 halaman

Percepat Pencapaian Target SDGs

Jokowi mengingatkan pejabat kementerian/lembaga untuk selalu meminta masukan dari para ahli. Selain itu, dia meminta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk mempercepat pencapaian target SDGs.

"Siapkan orkestrasi nasional yang berkelanjutan agar pemanfaatan Iptek dapat dimaksimalkan di dalam perumusan-perumusan kebijakan dan dalam pelaksanaan program-program pemerintah. Termasuk untuk percepatan pencapaian target SDGs," ujar Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: