Sukses

Gempa Magnitudo 4,2 Goyang Brebes Pagi Ini

Sumber BMKG menyebutkan, gempa berkedalaman 5 km dengan lokasi 7.07 Lintang Selatan - 108.87 Bujur Timur

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitugo 4,2 menggoyang wilayah Brebes,Jawa tengah, pagi ini, Jumat (11/12/2020) sekitar pukul 5.51 WIB.

Sumber BMKG menyebutkan, gempa berkedalaman 5 km dengan lokasi 7.07 Lintang Selatan - 108.87 Bujur Timur.

"Pusat gempa berada di darat 28 km barat daya Brebes," tulis BMKG di akun resminya.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar lokal," ujar  Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Hendro mengatakan dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang serta benda – benda ringan yang digantung bergoyang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Getaran di Cirebon

Untuk wilayah Cirebon guncangan dengan Skala Intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah serta terasa getaran seakan akan truk berlalu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ucap Hendro.

Rekomendasi yang diterbitkan oleh BMKG kepada masyarakat, yaitu dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Brebes