Sukses

Cerita AHY dengan Mobil Garang Tunggangannya Keliling Indonesia

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengambil keputusan mengejutkan dengan mundur dari dinas militer untuk maju Pilkada DKI Jakarta 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengambil keputusan mengejutkan dengan mundur dari dinas militer  untuk maju Pilkada DKI Jakarta 2017. Meski begitu, ada satu kegemaran  AHY yang tidak berubah, yakni memodifikasi mobil menjadi garang.

Ia memilih Nissan Navara jenis double cabin yang kemudian dimodifikasi sehingga menjadi lebih gagah, sebagai kendaraan kampanye. AHY menggunakan kendaraan ini untuk gerilya lapangan, mendatangi 44 kecamatan di seluruh DKI Jakarta.

Saat mengunjungi kantor Mensesneg, pada awal Agustus 2017, untuk mengantarkan undangan peresmian berdirinya The Yudhoyono Institute, AHY juga mengendarai mobil jenis double cabin merk Nissan Navara, Mensesneg Pratikno pun sempat berdecak kagum, “mobilnya garang, mas AHY.” dan AHY hanya tersenyum saja.

Walau harganya setara Kijang Innova, Nissan Navara AHY ini terlihat menonjol dibanding yang lain dan tetap fungsional, tanpa harus bermewah-mewah. Sampai sekarang kendaraan Nissan Navara ini masih dipakai.

Sejak menjadi Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat hingga menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, AHY rajin berkeliling Nusantara menyambangi 34 Provinsi di Indonesia.

Selain menggunakan transportasi udara, AHY juga menggunakan kendaraan darat, terutama saat berkeliling Pulau Jawa. Ia menjelajahi seluruh kabupaten/ kota di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI, Banten dan Yogyakarta.

"Kalau orang tidak pernah keliling Indonesia, dia tidak akan pernah menghargai Indonesia; betapa besar, indah dan beragamnya nusantara. Inilah sejatinya kekayaan Indonesia," katanya pada suatu kesempatan.

Berdasarkan pengalamannya ini, AHY kemudian berniat membuat komunitas pencinta dan penjelajah nusantara, bernama "Overlanding Indonesia". Basis komunitas ini tidak hanya para pemilik kendaraan bermotor yang ingin menjelajahi setiap sudut Nusantara dan menikmatinya, tetapi juga para photographer, traveller, campers, pencinta komunikasi radio, pencinta kuliner, serta pencinta alam dan lingkungan.

“Kalau ngga punya mobil, tapi pengen keliling nusantara, yang punya mobil bisa berbagi tempat alias tumpangan,” kata AHY.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cinta Tanah Air

Selain menambah semangat cinta tanah air dan patriotisme, AHY yakin bahwa wisata jelajah Nusantara ini akan membantu mendongkrak potensi pariwisata, ekonomi kreatif maupun perekonomian lokal. AHY juga ingin agar komunitas ini nanti berguna untuk masyarakat dengan cara melakukan kegiatan sosial, karya bakti, melestarikan lingkungan, menanam pohon, dan lain-lain.

Kini, AHY sedang menimbang-nimbang kendaraan jenis double cabin yang ia ingin gunakan untuk kegiatan barunya di “Overlanding Indonesia”; apakah Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max, Nissan Navara atau Toyota Hilux. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.