Sukses

Cegah Covid-19, Jakarta Utara Perbanyak Posko Pengungsi Banjir

Wakil Wali Kota Jakarta Utara menegaskan, bencana banjir jangan sampai menimbulkan bencana lainnya, yakni lonjakan warga yang terinfeksi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Utara memperbanyak posko pengungsian sebagai bentuk antisipasi dan waspada banjir di musim hujan. Hal ini untuk menghindari kerumunan dan penyebaran Covid-19 di pengungsian.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memastikan, jumlah posko sesuai jumlah asumsi pengungsi banjir. Selain itu, pembatasan antar keluarga dalam pengungsian pun diatur sehingga tidak terjadi kerumunan yang dapat menimbulkan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Telah kami simulasi, tenda pengungsian dengan jaga jarak per keluarga serta dibuatkan sekat," ujar Ali di Jakarta, Selasa 1 Desember 2020, seperti dikutip dari Antara.

Ali menegaskan, nantinya bencana banjir jangan sampai menimbulkan bencana lainnya, yakni lonjakan warga yang terinfeksi Covid-19. Karena itu, protokol kesehatan baik di pengungsian maupun proses evakuasi benar-benar dijalankan sesuai aturan.

"Sekarang masa pandemi Covid-19, jangan sampai menimbulkan bencana berikutnya, yaitu makin meningkatnya tingkat positif Covid-19 di masyarakat maupun petugas," kata Ali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RW tangguh bencana banjir

Pemerintah DKI Jakarta telah menetapkan program RW tangguh bencana banjir, yakni suatu gerakan kolaborasi warga dan aparat gabungan dalam bersiaga, tanggap dan galang dalam menghadapi bencana banjir.

Sejumlah elemen seperti posko pengungsian, posko kesehatan, posko logistik, pusat informasi, hingga peralatan evakuasi telah dipersiapkan sebelum terjadinya bencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.