Sukses

Keterisian RS Rujukan Covid-19 di Depok: RSUI 80 Persen, RSUD 94 Persen

Astrid menjelaskan, peningkatan jumlah pasien rujukan dipicu dari pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan intensif.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Pengembangan Bisnis Rumah Sakit UI Astrid Saraswaty mengatakan, keterisian pasien Covid-19 di RSUI mencapai 80 persen saat ini. 

 "Keterisian mencapai 80 persen dan kami banyak mendapatkan pasien rujukan," ujar Astrid, Rabu (25/11/2020).

Astrid menjelaskan, peningkatan jumlah pasien rujukan dipicu dari pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan intensif. Namun, karena ketersediaan tempat tidur yang terbatas, terdapat sejumlah pasien rujukan yang tidak dapat di terima.

"Hanya sedikit yang tidak tidak diterima karena keterbatasan tempat," terang Astrid.

Astrid mengungkapkan, kapasitas tempat tidur di RSUI sebanyak 80 buah. Tempat tidur tersebut telah di tambah pada akhir Oktober dari sebelumnya 63 tempat tidur. Rencananya RSUI akan menambah jumlah tempat tidur sebanyak 29 buah, penambahan akan dilakukan secara bertahap.

"Apabila 29 tempat tidur sudah diaktifkan, total ruangan perawatan Covid-19 RSUI akan menjadi 109 tempat tidur,” ujar Astrid.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Meningkat

Sementara itu, Dirut RSUD Kota Depok Devi Mayori mengatakan, RSUD Kota Depok mengalami penambahan pasien Corona. ICU RSUD Kota Depok telah terisi semua dari dua ruangan ICU Corona. Namun awal Desember RSUD Kota Depok akan menambahkan enam ruangan ICU.

Devi menuturkan, untuk ruangan ICU yang ditambahkan tengah memasuki memasuki tahapan finishing. Selain itu, keterisian ruangan perawatan pasien Corona mengalami peningkatan mencapai 75 tempat tidur yang digunakan. Penambahan tersebut sudah terjadi sejak awal November dampak dari libur panjang pada akhir Oktober.

"Keterisian mencapai 94 persen, mengalami peningkatan,” tutup Devi. 

Dilansir dari data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Depok, terjadi peningkatan jumlah pasien Covid-19. Pada data Rabu (25/11/2020) pukul 11.30 WIB, Jumlah pasien Corona aktif mencapai 1.875 orang, pasien sembuh 7.539 orang, dan pasien meninggal 261 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.