Sukses

Sertijab 8 Kapolda, Kapolri Instruksikan Daerah Siap Sambut Pilkada dan Tahun Baru

Kepala Polri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) delapan kapolda di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Polri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) delapan kapolda di seluruh Indonesia. Termasuk mutasi pimpinan Polda Metro Jaya dan Jawa Barat imbas acara kerumunan yang melibatkan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Pagi hari ini telah dilaksanakan serah terima jabatan terkait mutasi beberapa waktu lalu, telah keluar TR Nomor 3222 pada tanggal 16 November 2020. Jadi hari ini diserahterimakan ada delapan jabatan kapolda," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020).

Selain mutasi kapolda, sertijab dilakukan untuk tiga Koorsahli Kapolri, Kadiv Propam Polri, dan Aslog Kapolri. Diketahui Brigjen Pol Fredy Sambo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri mengantikan Irjen Igantius Sigit yang belum lama meninggal dunia karena sakit komplikasi. Sebelumnya dia menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri.

Awi mengatakan, Kapolri meminta para kapolda yang baru menjabat untuk segera mempersiapkan personel untuk mengamankan jalannya Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

"Kapolri juga menekankan kepada para kapolda untuk memastikan seluruh anggota, untuk menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020," jelas dia.

Selain itu, lanjut Awi, Kapolri menginstruksikan kesiapan personel Polri dalam pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2021. Terlebih dalam situasi pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Bagaimana pun dalam situasi pandemi, tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita yang Nasrani merayakan Natal. Dan perayaan malam Tahun Baru dan libur panjang, tentu menjadi prioritas pengamanan Polri. Kehadiran Polri betul-betul dirasakan masyarakat dan diharapkan kapolda melakukan kegiatan yang menimbulkan empati, simpatik," Awi menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pejabat yang Dirotasi

Sebelumnya, Polri kembali melakukan rotasi sejumlah jabatan. Ada delapan posisi Kapolda di seluruh Indonesia yang mengalami perubahan, salah satunya Irjen Fadil Imran yang didapuk menjadi Kapolda Metro Jaya.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pencopotan tersebut berdasarkan Surat Telegram (ST) Nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020.

"Tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri," tutur Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Dalam ST tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dipindahtugaskan menjadi Koorsahli Kapolri. Sementara Irjen Fadil Imran yang sebelumnya Kapolda Jawa Timur, menempati posisi Kapolda Metro Jaya.

Posisi Kapolda Jawa Timur akan diisi oleh Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan. Posisi Kapolda Kalimantan Selatan ditempati Irjen Rikwanto yang sebelumnya Kapolda Maluku Utara.

Adapun jabatan Kapolda Maluku Utara akan diisi oleh Irjen Risyapudin Nursin yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri.

Kemudian, Kapolda Bali Irjen Petrus Golose dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur. Posisi Kapolda Bali akan dijabat oleh Irjen Putu Jayan Danu Putra yang sebelumnya menempati posisi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya digantikan oleh Refdi Andri yang sebelumnya Koorsahli Kapolri.

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi akan menempati jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk.I Sespim Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Jawa Barat diisi oleh Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya Aslog Kapolri.

Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi beralih posisi sebagai Aslog Kapolri. Jabatannya akan digantikan oleh Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya Widyaiswara Kepolisian Utama Tk.I Sespim Lemdiklat Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.