VIDEO BERANI BERUBAH: Lele Si Bisnis Ajaib

VIDEO BERANI BERUBAH: Lele Si Bisnis Ajaib

Nana Anang Sujana adalah seorang pengusaha boneka tersohor yang terbiasa dengan rutinitas pekerjaannya. Boneka buatan Anang juga bukan hanya boneka biasa. Dia turut memproduksi souvenir untuk berbagai acara bergengsi seperti Sea Games atau Pekan Olahraga Nasional (PON).

Namun kesuksesan tidaklah kekal. Saat pandemi Covid-19 menerpa, bisnis boneka Anang pun ikut terdampak. Alhasil semua kegiatan produksi terhambat, dan keuntungan pun menurun hingga 70 persen.

Tak ingin keluarga dan karyawannya melarat, Anang harus cepat memutar otak. Sempat termenung selama dua minggu, dia akhirnya mengisi waktu dengan memelihara lele dan tanaman hidroponik. Di situlah sebuah ide untuk bisnis baru muncul, yakni berjualan lele dan ember hidroponik.

Tak berhenti sampai di situ saja, ketika bisnis budidaya ember (budimber) miliknya semakin berkembang, Anang akhirnya berinovasi untuk juga membuat berbagai masakan dari lele. Bermacam hidangan seperti lele balado, lele asam manis, dan lele gurih akhirnya dimasak dan dijual. Sang istri yang jago memasak juga menjadi inspirasi Anang untuk mulai berjualan masakan lele.

Yuk, ikuti kisah dari Anang maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkap Anang, simak dalam video berikut ya.

Ringkasan

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat, Chandra Bayu Witantra, Rio Pangkerego pada 02 November 2020, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights