Sukses

Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Berlibur di Rumah Saja

Wiku Adisasmito mengimbau agar, masyarakat menghabiskan waktu libur panjang akhir Oktober di rumah masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau agar masyarakat menghabiskan waktu libur panjang akhir Oktober 2020 di rumah masing-masing.

Menurut dia, Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 yang semakin meluas.

"Bagi masyarakat kami imbau dengan sangat untuk berlibur di rumah saja apabila tidak perlu keluar rumah. Masih banyak waktu untuk berlibur di masa yang akan datang," ucap Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

Dia menuturkan, libur panjang bisa saja berdampak pada kenaikan kasus positif Covid-19 secara nasional. Kenaikan jumlah kasus ini disebabkan banyaknya masyarakat yang berkerumun dan tak mematuhi protokol kesehatan saat mengunjungi lokasi wisata.

Untuk itu, dia berharap masyarakat dapat menjauhi daerah-daerah yang ramai dikunjungi saat masa liburan.

Jika masyarakat hendak pergi ke lokasi wisata, Wiku mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

"Akan tetapi, kami mengimbau bahwa lebih baik kita menghabiskan waktu libur di rumah saja," tutur Wiku lagi.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Wiku juga meminta agar pengelola wisata mendukung penerapan protokol kesehatan. Misalnya, dengan membatasi jumlah pengunjung agar tak berkerumun dan menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan.

"Pandemi tidak mengenal kata libur. Oleh karena itu, meskipun di masa liburan yang akan kita lalui bersama sebentar lagi, pemda dan masyarkat harus tetap waspada dan bekerja sama untuk tidak menimbulkan kasus baru," jelas Wiku.

Adapun hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020. Sementara, cuti bersama ditetapkan pada 28 dan 30 Oktober.

Kemudian, dilanjutkan dengan libur akhir pekan pada 31 Oktober hingga 1 November. Sehingga, diprediksi akan banyak masyarakat yang akan berpergian saat libur panjang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.