Sukses

Jokowi dan PM Jepang Sepakat Buka Perjalanan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga sepakat membuka kembali perjalanan bisnis kedua negara di tengah pandemi Covid-19. Indonesia-Jepang sepakat membentuk Travel Corridor Arrangement.

"Saya dan PM Suga sepakat mengenai pentingnya pembentukan travel corridor arrangement bagi bisnis esensial," jelas Jokowi saat memberikan pernyataan pers usai pertemuan bilateral dengan PM Suga di Istana Bogor, Selasa (20/10/2020).

Jokowi mengatakan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Jepang akan menegosiasikan dan menyelesaikan kesepakatan tersebut lebih lanjut. Menurut dia, pembahasan ini ditargetkan rampung dalam waktu satu bulan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh PM Suga. Dia memastikan akan memulai kembali perjalanan kedua negara bagi pebisnis. Termasuk, perawat dan caregiver.

"Sekaligus kami sepakat untuk berkoordinasi agar memulai secepat-cepatnya perjalanan dengan tujuan bisnis dalam jangka pendek dengan melonggarkan langkah isolasi mandiri selama 14 hari setelah memasuki negara tujuan," tutur Suga.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Lawatan Luar Negeri Pertama

Kunjungan ini adalah bagian dari rangkaian perjalanan PM Suga ke Asia Tenggara dan lawatan luar negeri pertama sejak ia menjabat sebagai kepala pemerintahan Jepang.

Sebelum bertolak ke Indonesia, Suga sempat ke Vietnam terlebih dahulu.

PM Jepang Yoshihide Suga baru menjabat pada September 2020 menggantikan Shinzo Abe yang lengser karena sakit. Masa jabatan Suga berakhir tahun depan karena hanya menyelesaikan masa jabatan Abe.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: