Sukses

Rektor Unisba: Penembakan Gas Air Mata ke Kampus Saat Demo Berlebihan

Dalam insiden itu, polisi dituding melakukan pemukulan terhadap sekuriti Unisba.

Liputan6.com, Jakarta Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali bersuara terkait insiden penembakan gas air mata ke area dalam kampus Unisba yang menyebabkan kerusakan terhadap fasilitas keamanan Unisba.

Dalam insiden itu, polisi dituding melakukan pemukulan terhadap sekuriti Unisba.

Menurut Rektor Unisba Edi Setiadi, aparat penegak hukum terlalu berlebihan dalam menangani peserta unjuk rasa. Apalagi sampai menyebabkan fasilitas kampus rusak.

"Sungguh suatu perbuatan yang tidak patut dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam rangka menjalankan fungsinya karena fasilitas kampus tidak ada kaitannya dengan objek dari pelaksanaan tindakan polisi tersebut," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020).

Edi menerangkan, penegak hukum seyogyanya memperhatikan code of conduct for law enforcement. Juga basic principle on the use of force and firearm by law enforcement official serta KUHAP.

Karena itu, Unisba berpendapat perusakan fasilitas kampus serta pemukulan terhadap anggota keamanan kampus tidaklah dibenarkan.

"Karena polisi tidak dalam keadaan bahaya jiwanya," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Sesuai Tugas

Meski kasus ini telah diselesaikan oleh Yayasan Unisba. Edi meminta hal itu menjadi perhatian pimpinan Polri agar praktik tindakan polisi tersebut jangan menjadi kebiasaan dan dianggap sebagai tindakan biasa.

"Karena tidak sesuai dengan fungsi dan tugas kepolisian yang bersifat mengayomi dan melindungi masyarakat," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.