Sukses

RSD Wisma Atlet Sambut Baik Pembukaan Hotel untuk Tampung Pasien Covid-19

Mayjen Tugas Ratmono menyambut baik pembukaan hotel di DKI Jakarta menjadi lokasi isolasi mandiri bagi pasien yang terinfeksi virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Mayjen Tugas Ratmono menyambut baik pembukaan hotel di DKI Jakarta menjadi lokasi isolasi mandiri bagi pasien yang terinfeksi virus Covid-19 dengan gejala ringan.

"Ini bentuk sinergitas dari penanganan Covid-19. Yang tadinya kita siapkan yang flat isolasi mandiri di Wisma Atlet, saat ini mulai disiapkan isolasi di hotel yang sudah disiapkan oleh pemerintah," ujar Tugas dalam konferensi pers di Youtube BNPB, Senin (5/10/2020).

Menurut Tugas, apa yang dilakukan pemerintah itu merupakan bentuk sinergi dalam membantu meringankan beban tenaga kesehatan yang ada. Dia menyebut, dengan adanya lokasi isolasi yang baru, maka bisa meringankan tugas tenaga kesehatan di Wisma Atlet menangani pasien Covid-19.

"Dan ini yang paling penting, ini akan terjadi pemerataan, katakanlah kalau di Wisma Atlet ini ada 90 sampai 95 persen, tentunya akan memberikan beban kepada tenaga kesehatan dengan jumlah (pasien di Wisma Atlet) turun, mala beban akan turun," kata dia.

Tugas menuturkan, dengan adanya hotel-hotel yang menjadi lokasi isolasi, ini adalah bentuk gambaran perlindungan dari pemerintah terhadap tenaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Dia juga sempat menyebut bahwa seluruh tenaga kesehatan di Wisma Atlet kerap diusahakan tidak terlalu lelah.

"Kalau pengaruhnya mungkin kalau yang flat isolasi mandiri dulunya langsung dimasukin ke Wisma Atlet, sekarang mungkin sebagian ada yang di hotel-hotel, tentunya ini ada suatu pengurangan jumlah yang sangat mungkin. Inilah suatu gambaran perlindungan juga terhadap para tenaga kesehatan, ini suatu sinergi dari pemerintah," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hotel Tempat Isolasi

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Fify Mulyani menyatakan, hotel yang digunakan untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 tidak akan menerima pengunjung. Hotel tersebut memang dikhususkan untuk menerima pasien yang akan melakukan isolasi mandiri.

"Jadi sudah tidak menerima pasien (masyarakat) umum lagi. Itu memang oleh Kementerian Pariwisata dikontrak full untuk seluruh (pasien) Covid-19," kata Fify dalam video Youtube BNPB, Senin (28/9/2020).

Dia menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan sebanyak 18 hotel di Ibu Kota dapat digunakan sebagai lokasi isolasi. Hotel tersebut merupakan lokasi alternatif dari Wisma Atlet Kemayoran. Fify mengatakan, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di hotel yang telah ditunjuk tersebut tidak akan dipungut biaya atau gratis.

"Ini sebenarnya cadangan dari flat isolasi mandiri Kemayoran (Wisma Atlet). Memang biayanya ditanggung pemerintah pusat," ucap dia.

Hotel yang sudah dapat digunakan isolasi mandiri Covid-19 yakni Ibis Style di Mangga Dua, Jakarta Utara dan U Stay Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat. Kedua hotel tersebut sudah mulai menerima pasien pada Minggu 27 September 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.