Sukses

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-75 TNI secara Virtual dari Istana Negara

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual dari Istana Negara Jakarta, Senin (5/10/2020). Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin pada acara tersebut.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Ma'ruf tiba di Istana Negara sekitar pukul 09.00 WIB. Adapun upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari memakai masker serta menjaga jarak.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi. Kemudian, dilajutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Perayaan HUT TNI kali ini berbeda seperti biasanya, di mana tidak ada kemeriahan dan dihadiri oleh masyarakat umum. Perayaan HUT TNI tahun ini harus digelar secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19.

Selain Jokowi dan Ma'ruf Amin, upacara di Istana Negara hanya dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kemudian, Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menko Polhukam Mahfud Md, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Acara ini juga diikuti oleh pasukan TNI dari 3 mantra secara virtual.

 

2 dari 3 halaman

Peran Aktif TNI di Masa Pandemi

Jokowi sendiri mengapreasiasi peran TNI, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, TNI berperan aktif dalam mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"TNI membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan PSBB di daerah yang menerapkan, juga menjalankan operasi kemanusiaan," kata Jokowi di akun twitternya, Senin.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: