Sukses

Polisi Fokus Cari Napi Asal China yang Kabur ke Hutan Tenjo Bogor

Polisi bersama dengan Ditjen PAS masih mengejar Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi berkewarganegaraan China yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi bersama dengan Ditjen PAS masih mengejar Cai Changpan alias Cai Ji Fan, narapidana atau napi berkewarganegaraan China yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang. Pencarian difokuskan ke Tenjo, Bogor Jawa Barat.

"Sampai saat ini tim masih pengejaran, kita fokuskan ke hutan di Tenjo," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (1/10/2020).

Yusri mengatakan, penyidik berusaha mendeteksi keberadaan Cai Changpan. Dari hasil pemeriksan, napi tersebut menemui istrinya di Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

"4,5 jam setelah kabur dari Lapas, Cai Changpan sampai ke kediaman istri dan anaknya di daerah Tenjo, Bogor," ujar dia.

Yusri mengatakan, Cai Changpan kemudian menuju ke hutan di sekitar Tenjo, Bogor. Informasi itu diperoleh penyidik dari warga sekitar rumahnya.

"Info dari beberapa warga yang kita dalami yang bersangkutan masuk ke hutan sana. Beberapa tim fokus ke sana, sambil kita menelusuri kemungkinan lari ke tempat lain," terang dia.

Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi kasus narkoba yang telah divonis hukuman mati melarikan diri dari dalam tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang. Napi asal China tersebut divonis mati sejak tahun 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Napi Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang Curi Handphone Teman Satu Selnya

Salah seorang narapidana yang menghuni sel bersama Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi yang kabur dari Lapas Tangerang, turut dimintai keterangan sebagai saksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menerangkan, Cai Ji Fan tak ditahan seorang diri. Ada beberapa napi yang menghuni satu sel dengannya. Salah satunya adalah napi asal Singapura.

Kepada penyidik, napi tersebut menjelaskan Cai Changpan lebih dahulu mencuri handphone rekannya ketika hendak kabur dari sel.

"Teman satu selnya bilang tersangka sudah melarikan dan bahkan sempat membawa hp dari si teman satu kamarnya atau satu sel tersangka tersebut," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Rabu (30/9/2020).

Selain teman satu sel di Lapas Tangerang, istri dari Cai Changpan telah dimintai keterangan. Penuturan isri tersangka, menyatakan suaminya sempat mampir ke kediamannya di Tenjo, Bogor Jawa Barat.

"Tersangka setelah melarikan diri dari lapas itu sekitar 4,5 jam udah sampai ke sana di kediamannya. Ini yang kita lakukan pendalaman di sana," ujar Yusri soal kasus napi kabur dari Lapas Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.