Sukses

Menko PMK: Protokol Kesehatan di RS Sangat Penting karena Risiko Tertular Covid-19 Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya disiplin protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Corona atau Covid-19. Khususnya, di rumah sakit yang memiliki tingkat penularan virus cukup tinggi.

Hal ini disampaikan Muhadjir saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes Jawa Tengah, Rabu (30/9/2020). Dia meminta agar semua pihak meningkatkan kesadaran dalam memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Apalagi di rumah sakit. Tentu risiko tertularnya sangat tinggi," kata Muhadjir dikutip dari keterangan persnya.

Kedatangan Muhadjir ke Brebes sekaligus untuk menyampaikan instruksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait penanganan Covid-19. Selain itu, juga mengecek langsung fasilitas kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

"Pak Presiden meminta agar tingkat fatalitas atau kematian (pasien positif korona) terus ditekan. Kemudian meningkatkan jumlah pasien sembuh, dan tentu mengurangi penyebaran virusnya," jelas dia.

Muhadjir menilai pemerintah daerah sudah cukup baik dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD Brebes. Dia menyebut sosialisasi protokol kesehatan di daerah tersebut juga sangat masif.

"Tadi saya dapat informasi, Bupati, Kapolres, sampai Dandim turun langsung ke masyarakat. Pagi, siang, malam," ucap dia.

2 dari 3 halaman

Bantuan berupa baju hazmat dan masker

Muhadjir memastikan, pemerintah akan membantu penyediaan beberapa alat kesehatan untuk RSUD Brebes. Sehingga, rumah sakit dapat lebih maksimal dalam melayani pasien.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir secara simbolis memberikan bantuan berupa baju hazmat dan masker kepada Wakil Bupati Brebes, Narjo.

Dia berpesan agar tenaga medis di RSUD Brebes terus mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Utamakan keselamatan diri, kemudian pasien. Jangan melanggar SOP. Jangan menawar standar perlindungan APD. Karena itu semua adalah satu-satunya cara untuk tidak terancam dari Covid-19," ujar Muhadjir.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: