VIDEO: Penyu Hewan Laut Kebanggaan Perairan Indonesia Kini di Ambang Kepunahan

VIDEO: Penyu Hewan Laut Kebanggaan Perairan Indonesia Kini di Ambang Kepunahan

Perairan Indonesia terkenal sangat kaya akan spesies ikan, reptil dan mamalia, salah satunya penyu yang merupakan biota laut purba yang dipercaya telah ada di bumi sejak jutaan tahun lalu, dan masih bertahan hingga saat ini. Dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia, Indonesia memiliki enam jenis penyu yang terdiri dari penyu hijau, penyu lengkang, penyu tempayan, penyu belimbing, penyu pipih, dan penyu sisik dengan karapas atau batok kulitnya yang sangat indah.

Perairan Sangalaki, Berau, Kalimantan Timur, merupakan salah satu habitat terbesar penyu-penyu di Asia. Namun, dalam 20 tahun terakhir jumlah penyu sudah jauh berkurang, bahkan hanya tersisa sekitar 10 persennya saja.

Berbagai hal menyebabkan keberadaan penyu berada dalam ambang kepunahan. Tidak hanya faktor alam saja, ulah manusia juga menjadi penyebab, secara terang-terangan melakukan eksploitasi terhadap biota laut yang dilindungi secara penuh oleh Negara.

Harga seekor penyu berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Dagingnya saja dijual seharga Rp 25 ribu per kilogram, sedangkan kulit yang sudah kering biasanya dijual mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Tidak heran jika populasi penyu dalam 10 tahun terakhir menurun drastis. Penyebabnya tak lain praktik perburuan liar dan kian rusaknya lingkungan pantai.

Hasil investigasi Pro-Fauna menyebutkan, setiap tahun sekitar 1.000 ekor penyu dibantai di pesisir pantai Pulau Jawa. Satwa langka itu diawetkan, dimakan telur dan dagingnya, atau dicari karapasnya untuk bahan suvenir.

Bagaimana binatang purba ini dapat terus bertahan seiring perkembangan zaman dan bagaimana ulasan sisi hitam dan putih nya andil manusia dalam kehidupan penyu?

Saksikan videonya melalui tautan berikut ini

(*)

Ringkasan

Oleh Liputanenam pada 24 July 2021, 08:00 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights