Sukses

Pemerintah Minta Perusahaan Rutin Tes Swab Covid-19 Karyawan

Selain itu, Wiku juga meminta agar perusahaan melakukan penelusuran kontak apabila ditemukan kasus positif Corona di kantor atau instansi.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta perusahaan dapat menanggung biaya swab test Corona kepada karyawannya. Dia juga mengimbau setiap perusahaan rutin mengadakan tes Covid-19.

Hal ini dilakukan mengingat cukup tingginya pasien Corona yang berasal dari klaster perkantoran. Wiku menyebut klaster perkantoran menyumbangkan 3.194 pasien corona.

"Kami mohon agar seluruh perkantoran dapat betul-betul menanggung biaya testing untuk karyawannya," ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (22/9/2020).

Selain itu, Wiku juga meminta agar perusahaan melakukan penelusuran kontak apabila ditemukan kasus positif Corona di kantor atau instansi. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus tersebut semakin meluas.

"Melakukan penelusuran kontak apabila ada terjadi kasus positif serta melaporkannya kepada pemerintah daerah masing-masing," katanya.

Dia memastikan bahwa pemerintah akan menanggung seluruh biaya perawatan pasien Covid-19. Untuk itu, perusahaan tidak perlu khawatir melaporkan apabila ada karyawannya yang dinyatakan positif Corona.

"Bahkan bagi yang tidak memiliki BPJS atau WNA yang tertular Covid-19 di Indonesia juga ditanggung," jelas Wiku.

Dia menyebut bahwa swab test rutin dan pelacakan sudah dilakukan di kantor-kantor kementerian dan instansi lainnya. Wiku berharap perusahaan swasta dan pabrik dapat melakukan hal yang sama.

"Hal ini harus dilakukan oleh perusahaan untuk melindungi karyawannya dengan cara memastikan jangan sampai ada lagi karyawannya yang terpapar di lingkungan kerja," tutur Wiku.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasien Terus Bertambah

Berdasarkan website covid19.go.id per 22 September 2020, tercatat penambahan kasus positif sebanyak 4.071 pasien. Sehingga, totalnya ada 252.923 kasus positif di Indonesia.

Adapun jumlah pasien sembuh bertambah 3.501 orang, sehingga totalnya 184.298 orang sudah sembuh dari Covid-19. Sementara jumlah pasien meninggal karena Covid-19 berjumlah 9.837 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Swab Test