Sukses

Polda Metro Siap Bantu Kejar Napi Asal China yang Kabur dari Lapas Tangerang

Ditreskrimum Polda Metro Jaya siap membantu memburu napi bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Napi berwarganegaraan Tiongkok yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Ditreskrimum Polda Metro Jaya siap membantu memburu napi bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Napi berwarganegaraan Tiongkok yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, keikutsertaan anggotanya tergantung daripada permintaan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM. Dalam hal ini, Tubagus menyatakan kewenangan berada di institusi tersebut.

"Iya kalau misalnya kalau ada bantuan (kami akan ikut mengejar). Memang pertanggungjawabannya ada di sana tapi kita bantu cari pasti. Kan nanti mereka akan menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) pasti dan diberikan ke kita buat bahan gitu," katanya, Sabtu (19/9/2020).

Tubagus mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Ditjen Pas, juga Polres Tangerang. Menurut dia, sampai saat ini pun belum mendengar Ditjen Pas menerbitkan DPO atas nama napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Tim

"Nanti kita koordinasi sama Polres setempat dan lainnya karena kan belum diterbitkan ya ini DPOnya," ucap dia.

Begitu DPO disebar, Tubagus mengatakan, akan langsung membentuk tim khusus untuk mengejar narapidana tersebut.

"Pasti, pasti kalau kita udah dapat informasi nanti kita inisiatif lah ikut mencari. Nanti kita akan bentuk timnya. Itu udah pasti," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.