Sukses

DPR Apresiasi Pemerintah Beri Insentif ke PPDS

Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene mengapresiasi bantuan untuk PPDS. Menurut dia, hal tersebut wajar, terlebih saat pandemi Covid-19 ini.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan terus berupaya mendistribusikan tenaga kesehatan yang akan membantu penanganan Covid-19, salah satunya pemberian insentif para Peserta Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Langkah ini mendapat apresiasi dari Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene. Menurut dia, hal tersebut wajar, terlebih saat pandemi Covid-19 ini.

"Sangat wajar untuk memberi support kepada mereka (peserta PPDS) dengan anggaran yang mencapai sekitar Rp 1 triliun di seluruh Indonesia," kata Felly dalam keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Pasalnya, politisi NasDem ini melihat, para tenaga medis termasuk peserta PPDS berada di depan dalam penanganan penyebaran pandemi Covid-19. Sehingga pemberian insentif tersebut layak.

"Mereka ini ada di garda terdepan untuk membantu masyarakat khususnya pasien Covid yang terpapar," sebut Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sulawesi Utara ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Insentif

Sebelum terlibat dalam penanganan Covid-19, Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir mengatakan semua peserta PPDS (residen) mendapatkan pembekalan soal penanganan Covid-19.

Dengan berbagai latar spesialisasi yang berbeda, tentunya pelayanan, dukungan dan kontribusi yang diberikan oleh peserta PPDS disesuaikan dengan kompetensi, keahlian dan kapasitas tenaga yang bersangkutan.

Sebagai garda terdepan dengan risiko terpapar cukup tinggi, Kadir menyebutkan pemerintah akan memberikan insentif bagi Peserta Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan fellowship yang membantu serta terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Pemberian insentif merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah atas kerja keras dan dedikasi para dokter residen dalam membantu memutus rantai penularan.

''Dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, tenaga kesehatan peserta PPDS tersebut tentu sangat berisiko terpapar Covid-19, sehingga perlu apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah bersifat finansial maupun nonfinansial,'' kata Kadir dalam laman kemkes.go.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR