Sukses

Jokowi Minta Bara JP Ikut Kampanye Pakai Masker Cegah Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan para menterinya untuk fokus bekerja, terutama mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak ekonominya.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan para menterinya untuk fokus bekerja, terutama mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak ekonominya.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), Viktor S. Sirait, usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin, 24 Agustus 2020.

Menurut Viktor, dalam pertemuan tersebut Jokowi menyampaikan fokus pemerintah saat ini adalah penanganan corona, terutama bagaimana agar kampanye protokol kesehatan lebih masif sehingga semua masyarakat tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan yg telah ditetapkan.

Viktor menambahkan, Presiden mengingatkan disiplin protokol kesehatan ini sangat penting karena adanya peningkatan kasus penularan Covid-19 di banyak negara Eropa seperti Spanyol, Prancis, dan Jerman. Sejumlah negara lainnya di Asia seperti India, Filipina, Bangladesh, Iran, Nepal, hingga Korea Selatan diketahui juga mengalami lonjakan kasus beberapa waktu belakangan ini.

"Presiden mengingatkan Ini perlu diwaspadai sehingga kita tidak kehilangan kendali atas manajemen yang ada dalam menangani pandemi ini utamanya di daerah maupun di pusat," kata Viktor menirukan ucapan Presiden Jokowi.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut Jokowi menyampaikan hingga nanti vaksin Covid-19 ditemukan dan dapat diberikan kepada masyarakat, kunci utama dalam mencegah penyebaran virus korona tersebut ialah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

"Presiden meminta agar Bara JP juga ikut mengkampanyekan ajakan untuk memakai masker dan membagi masker," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BLT Cepat Dilakukan

Terkait pemulihan ekonomi, kepada Bara JP, Kepala Negara mengatakan bahwa pelaksanaan skema bantuan langsung ke masyarakat akan dilakukan dengan cepat. Selain itu model bantuan lainnya juga harus terus digerakkan.

"Presiden meminta semua harus fokus dan konsentrasi bekerja untuk menjaga agar dampak ekonomi bisa diatasi dan pertumbuhan ekonomi ke triwulan tiga ini bisa lebih baik," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bara JP menyampaikan kepada Presiden agar pemerintah mempercepat bantuan bantuan langsung tunai (BLT) agar dana tersebut diterima langsung oleh masyarakat dan tepat sasaran.

"Menurut kami jika BLT ini segera disalurkan akan meningkatkan daya beli masyarakat juga membantu menggerakkan putaran ekonomi di lingkungan masyarakat penerima BLT," katanya.

"Kami percaya dalam masa krisis seperti ini masyarakat penerima bantuan akan menggunakan uang dengan bijak untuk keperluan kebutuhan pokok," kata Viktor menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona