Sukses

Kata Fahri Hamzah soal Akan Dapat Bintang Tanda Jasa dari Jokowi

Fahri Hamzah diketahui pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PKS. Dia telah berkiprah menjadi wakil rakyat selama 15 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Fahri Hamzah menjadi salah satu tokoh yang akan mendapatkan bintang tanda jasa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia menyebut bintang tanda jasa merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada tokoh-tokoh yang dinilai berjasa untuk negara.

"Penghargaan yang diberikan oleh Presiden sebagai kepala negara dalam momen proklamasi, adalah peristiwa kenegaraan yang dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang dianggap memiliki jasa tertentu," jelas Fahri kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Dia mengaku sudah mendapat informasi soal penghargaan tersebut dari DPR. Menurut Fahri Hamzah, bintang tanda jasa diberikan lantaran dia telah memimpin DPR selama lima tahun.

"Dalam perspektif pemberitahuan yang dilakukan DPR kepada kami bahwa itu pengusulannya adalah karena melengkapi periode memimpin kelembagaan negara yaitu, DPR," kata dia.

Fahri Hamzah diketahui pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PKS. Dia telah berkiprah menjadi wakil rakyat selama 15 tahun. Namun, kini dia merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gelora.

"Saya sendiri memang 15 tahun menjadi anggota DPR dan beberapa tahun menjadi anggota MPR dalam transisi dari Presiden Habibie kepada Presiden Abdurahman Wahid," ucap Fahri Hamzah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fahri Hamzah dan Fadli Zon Akan Dapat Bintang Tanda Jasa

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menyebut Fahri Hamzah dan Fadli Zon akan mendapatkan bintang tanda jasa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Penghargaan ini diberikan karena rakyat dianggap mendapat manfaat atas perjuangan dan jasa mereka.

"Rakyat "dianggap" mendapat manfaat atas perjuangan dan jasa mereka. Setiap menteri dan pimpinan lembaga negara yang purna tugas satu periode mendapat bintang tersebut," jelas Mahfud dikutip dari akun twitter resminya @mohmahfudmd, Senin.

Dia mengatakan pemberian bintang tanda jasa ini diberikan kepada sejumlah tokoh dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75. Fadli dan Fahri akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya.

"Fahri Hamzah @Fahrihamzah dan Fadli Zon @fadlizon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. Teruslah berjuang untuk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara," tutur Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.