Sukses

Kesaksian Hadi Pranoto Temukaan Antibodi Corona Diragukan, Polisi Tunggu Laporan

Liputan6.com, Jakarta - Akun Youtube Dunia Manji menjadi perbincangan warganet. Sebab, dalam akun milik mantan vokalis Drive itu berbincang dengan seorang bernama Hadi Pranoto, yang diklaim sebagai profesor dan ahli mikrobiologi.

Dalam pembicaraan itu, Hadi mengklaim kalau dirinya telah menemukan antibodi Covid-19. Tentunya hal ini sangat mengejutkan masyarakat. Atas temuan itu, warga net juga membahas akan keaslian Hadi sebagai profesor. Sejumlah warganet menilai kalau Hadi adalah profesor 'abal-abal' dan tak layak menyampaikan hal itu.

Menanggapi hal itu, kepolisian mengaku pihaknya akan menerima laporan masyarakat khususnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang meragukan ucapkan Hadi.

"Kalau emang abal-abal bikin laporan saja dari IDI, kalau merasa abal-abal bikin laporan aja. Kan dia punya data," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada Merdeka.com, Senin (3/8/2020).

Menurut Yusri, pihaknya tak tahu apakah antibodi tersebut asli atau palsu. "Iya dong, kita kan bukan ahli obat itu asli atau palsu kita nggak tahu. Kita juga nggak tahu betul apa nggak omongan dia, yang bisa mengatakan omongan dia benar atau nggak hanyalah yang ahli. Ada laporan di sini ya kita proses," tegasnya.

Lebih lanjut ia mengaku, hingga kini pihaknya belum mengetahui kapan dan di mana video tersebut diambil oleh Anji. Hingga akhirnya Viral di dunia maya.

"(Laporan dulu) Harapan begitu ada dasarnya, nggak mungkin kita main tangkap aja kalau benar bagaimana. Profesor katanya abal-abal tahunya benar profesor bagaimana. Ini kan yang komplain kan dari IDI, kita akan lakukan itu harus ada dasarnya," pungkasnya. 

2 dari 3 halaman

Klaim Ramuan Herbal Covid-19

Penyanyi Anji mempublikasikan sebuah wawancara di channel YouTube miliknya, dengan orang yang memperkenalkan dirinya sebagai pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto. Hadi mengklaim sudah menemukan herbal virus corona covid-19.

Anji memberi judul video yang tayang pada 31 Juli 2020 itu: 'BISA KEMBALI NORMAL❓OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)'. Dalam video berdurasi 35 menit 51 detik itu, Hadi Pranoto mengklaim dirinya sudah menemukan obat herbal yang dinamai Antibodi Covid-19.

Begini narasi pembuka yang ada di video tersebut:

"Sekarang saya bersama orang-orang yang mungkin paling dicari di seluruh dunia saat ini, Professor Hadi Pranoto. Professor adalah yang menciptakan serum antibodi covid-19 itu obat untuk covid-19?" kata Anji.

"Ya, obat untuk covid-19. Bisa menyembuhkan dan bisa mencegahkan. Kalau vaksin itu disuntikkan, tapi kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto membalas salam pembuka Anji.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: