Sukses

Hindari Kerumunan, Menteri Agama Minta Petugas Antar Daging Kurban ke Rumah

Menteri Agama meminta sebanyak mungkin daging kurban diberikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang terdampak.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan pemotongan hewan kurban bisa dilakukan di tempat terbuka pada lebaran Idul Adha 1441 H yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020. Dengan catatan, panitia pemotongan hewan kurban menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti menggunakan masker, membawa alat pemotongan sendiri, menjaga jarak dan mencegah adanya kerumuman.

"Pemotongan hewan kurban juga boleh dilakukan dengan menaati protokol kesehatan," ujarnya dalam konferensi pers Pedoman Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada Masa Pandemi Covid-19 di BNPB, Jakarta Timur, Kamis (30/7).

Fachrul Razi juga meminta panitia pemotongan hewan mengantar daging kurban ke rumah penerima. Upaya ini guna mencegah terjadinya antrean panjang dan kerumuman saat pembagian daging kurban.

"Daging kurban diantar petugas ke alamat penerima," ucap dia.

Mantan Sekertaris Jenderal Departemen Pertahanan ini melanjutkan, dalam syariat Islam, berkurban di Idul Adha hukumnya sunnah yang dianjurkan. Daging yang dikurbankan boleh dimakan oleh pekurban dan keluarganya, tetangga dan teman-teman serta fakir miskin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daging Diberikan ke Fakir Miskin

Tapi untuk kali ini, kata dia, karena sebagian masyarakat sedang kesulitan ekonomi akibat terdampak Covid-19, maka sebanyak mungkin daging kurban diberikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang terdampak.

"Ini dalam rangka ketahanan gizi masyarakat, konsumsi daging kurban sangat bermanfaat selain membantu kaum duafa," tuturnya.

Selain soal pembagian daging kurban, Fachrul Razi juga mengajak umat Islam meningkatkan pengelolaan zakat, infak, sedekah dan wakaf pada Idul Adha di tengah pandemi Covid-19. Melalui infak dan sedekah, umat Islam bisa saling meringankan beban ekonomi saudaranya.

"Kedermawanan dan kepedualian untuk menolong, meringankan beban masyarakat yang membutuhkan terutama di tengah masyarakat yang banyak mengalami krisis akibat terdampak Covid-19," kata dia.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.