Sukses

Menpora Dorong Mahasiswa Pancasila Amalkan dan Praktekkan Ideologi Negara

Buka Seminar Kebangsaan MAPANCAS ke-XV, Menpora minta MAPANCAS menjaga eksistensinya di tengah-tengah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Pancasila menggelar Musyawarah Nasional MAPANCAS ke-XV dan Seminar Kebangsaan melalui virtual pada Senin (27/7) kemarin. Acara yang mengusung tema Mahasiswa Pancasila Menyambut 100 Tahun Indonesia Emas" dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali.

Dalam sambutannya, Menpora RI meminta kepada MAPANCAS untuk selalu menjaga eksistensinya di tengah masyarakat. 

"Pertama, saya meminta kepada OKP termasuk MAPANCAS supaya nama organisasi jangan hanya sekedar papan nama tapi lebih dari pada itu, eksistensi MAPANCAS harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Kalau OKP menjalankan organisasinya dengan manajemen organisasi yang baik, transparan, akuntabel maka pasti eksistensinya juga akan terjaga,"  katanya. 

Ia melanjutkan, kedua adalah kaderisasi. Kaderisasi juga penting, dan ini menjadi kelemahan rata-rata OKP. Pelaksanaan kaderisasi secara berjenjang dan reguler menjadi tuntutan. Kami harus jujur dan terus terang mengatakan bahwa dalam pantauan kami banyak OKP yang tidak begitu serius melakukan program kaderisasi. 

Oleh karena itu, hal ini menjadi tantangan buat MAPANCAS. Karena dengan kaderisasi yang secara terus-menerus dilakukan dari berbagai tingkat kepengurusan maka eksistensi organisasi itu akan dilihat.

"MAPANCAS harus menjadi garda terdepan untuk menjadi contoh bagaimana kita mengamalkan dan mempraktekkan ideologi negara ini," jelasnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Organisasi

 

Selanjutnya adalah program. Menurutnya, program-program yang dirumuskan oleh organisasi harus jelas pemanfaatannya buat masyarakat, lingkungan organisasi dan juga buat anggotanya.

"Orang mau masuk organisasi kalau tahu manfaatnya ada, tapi kalau tidak ada manfaatnya orang pun tidak mau masuk organisasi. Karena itu MAPANCAS harus buat program-program yang bisa dirasakan oleh anggotanya, masyarakat dan lingkungannya," katanya. 

"Terkait hal ini, kami di Kemenpora memiliki 5 program prioritas yang menjadi panduan dalam kegiatan kami. Saya kira ini cocok dengan keberadaan MAPANCAS. Dan itulah yang menjadi tuntutan kita yakni, bagaimana penguatan ideologi, penguatan karakter dan budaya bangsa kita," tutupnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.