Sukses

5 Hal Terkait Bupati Ogan Ilir Undang Jurnalis dan Umumkan Dirinya Positif Covid-19

Penularan virus Corona Covid-19 turut menjangkit Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Ilyas Panji Alam.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 masih berada di Indonesia. Salah satunya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Penularan virus Corona Covid-19 turut menjangkiti Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Ilyas Panji Alam.

Ilyas mengumumkan sendiri kasus positif Covid-19 dirinya dengan mengundang jurnalis yang bertugas di Kabupaten Ogan Ilir untuk menghadiri konferensi pers pada Senin sore, 27 Juli 2020.

Menurut Ilyas, dirinya terkonfirmasi positif Corona Covid-19 setelah hasil swab di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palembang keluar.

"Saya Ilyas Panji Alam Bupati Ogan Ilir, hasil swab yang saya terima pagi ini saya dinyatakan terkena Covid-19 atau virus corona, kepada teman-teman yang sebelumnya ada kontak langsung dengan saya kiranya untuk segera di-tracing, diperiksa juga kawan-kawan wartawan untuk dilakukan tracing," ucap Ilyas mengumumkan sembari selang infus masih terpasang di tangan kirinya.

Ilyas mengumumkan di halaman rumah dinasnya. Ada sekitar 10 jurnalis dari berbagai media massa yang hadir dalam konferensi pers tersebut.

Konferensi pers secara tatap muka ini turut dihadiri oleh Resha, salah satu jurnalis media cetak di Sumsel.

Dia mengatakan, keberadaannya dalam konferensi pers tersebut guna mendapatkan informasi langsung terkait Bupati Ogan Ilir positif Covid-19. Resha mengaku berjarak 2 meter lebih dari sofa lokasi duduk sang Bupati.

Berikut deretan fakta Bupati Ogan IlirIlyas Panji Alam yang mengumumkan sendiri dirinya terkonfirmasi positif Corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Undang 10 Jurnalis

Penularan Corona Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) turut menjangkiti Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam.

Dia bahkan mengundang khusus sekitar 10 jurnalis ke rumah dinasnya di Kabupaten Ogan Ilir untuk mendengarkan langsung pengumuman terkait kondisinya terkini.

Dari informasi yang diperoleh, sebelum resmi mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19, Bupati Ogan Ilir mengundang para jurnalis yang bertugas di Kabupaten Ogan Ilir untuk menghadiri konferensi pers yang digelarnya, pada Senin sore, 27 Juli 2020.

Karena sebelumnya, merebak isu bahwa Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam dinyatakan positif Corona Covid-19, setelah mengikuti swab di salah satu rumah sakit di Palembang.

 

3 dari 6 halaman

2. Umumkan di Halaman Rumah

Di halaman rumah dinas Bupati Ogan Ilir, sekitar 10 orang jurnalis dari berbagai media massa hadir dalam konferensi pers tersebut.

Ilyas Panji Alam duduk di sofa berwarna krem, yang diletakkan di depan pintu rumahnya, serta tiang selang infus yang berada di sampingnya.

Hanya mengenakan kemeja batik, sarung dan peci, Ilyas Panji Alam mengatakan di depan insan pers bahwa dirinya terkonfirmasi positif Covid-19, usai keluar hasil swab di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palembang.

"Dari hasil swab test di RS Bhayangkara Palembang yang keluar tadi pagi, saya dinyatakan positif Covid-19. Kepada orang yang pernah kontak dengan saya supaya melakukan isolasi dan Swab test," kata Ilyas.

 

4 dari 6 halaman

3. Beredar Foto Konferensi Pers

Dari foto yang didapat, Ilyas hanya terlihat mengenakan kemeja batik berwarna merah dan sarung. Ia duduk di atas sofa warna krem.

Ilyas juga terlihat sedang diinfus dan mengenakan masker medis warna hijau. Ada seorang pria yang kemungkinan merupakan asistennya, nampak berdiri cukup jauh memegang tiang infus.

Pria itu hanya mengenakan kemeja coklat lengan pendek dan masker medis warna hijau, tanpa alat pelindung diri atau APD.

Namun di depan Ilyas, ada seorang wanita yang mengenakan hijab hitam lengkap dengan APD, masker hijau, dan sarung tangan medis.

 

5 dari 6 halaman

4. Tak Terkejut dan Isolasi Mandiri

Setelah terkonfirmasi positif Covid-19, Bupati Ogan Ilir tidak merasa terkejut. Karena banyak aktivitas di luar ruangan dan di tengah new normal, terlebih harus bertemu dengan banyak orang.

"Hasil swab test, anak dan istri saya Alhamdulillah negatif (terjangkit Covid-19)," kata Ilyas.

Terhitung sejak dia mengumumkan positif Covid-19, Bupati Ogan Ilir memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Isolasi ini sendiri dilakukan hingga hasil swab test yang akan diikutinya lagi, menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Sedangkan untuk aktivitas pemerintahan, diyakininya akan tetap berjalan seperti biasanya. Bahkan untuk kegiatan rapat dan lainnya, akan digantikan ke Sekda atau Asisten Pemkab Ogan Ilir Sumsel.

 

6 dari 6 halaman

5. Jurnalis yang Diundang Tetap Berjarak

Konferensi pers secara tatap muka ini turut dihadiri oleh Resha, salah satu jurnalis media cetak di Sumsel.

Dia mengatakan, keberadaannya dalam konferensi pers tersebut guna mendapatkan informasi langsung terkait Bupati Ogan Ilir positif Covid-19.

"Kami hadir dalam konferensi pers itu, jarak dengan Bupati Ogan Ilir cukup jauh, satu meter lebih. Kami datang tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Ini kami lakukan karena loyalitas dengan kantor," kata Resha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.