Sukses

Geser Jatim, Jabar Cetak Rekor Penambahan Kasus Baru Positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Jawa Barat mengalami penambahan kasus baru positif virus corona Covid-19 tertinggi pada hari ini, Kamis (9/7/2020) yakni mencapai 962 orang. Total kasus positif Covid-19 di Jawa Barat saat ini mencapai 3.881 orang.

Ini merupakan rekor penambahan kasus harian positif Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Angka tersebut menggeser Provinsi Jawa Timur yang beberapa hari terakhir selalu menempati urutan teratas dalam hal jumlah penambahan kasus harian positif Covid-19.

"Kita mendapatkan penambahan cukup banyak dari Provinsi Jawa Barat sebanyak 962 kasus. Dan dilaporkan 27 orang sembuh di Jawa Barat," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers daring, Jakarta, Kamis sore.

Menurut Yuri, penambahan signifikan di Jawa Barat didapatkan dari kluster baru di Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat. Yuri menyebut, kluster ini telah selesai dilakukan penyelidikan epidemiologi sejak 29 Juni lalu.

"Yang kita dapatkan keseluruhan kasus positif dari kluster ini sebanyak 1.262 orang," ucapnya.

Jumlah tersebut terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di Pusdik TNI AD. Dari jumlah kasus positif tersebut, kata Yuri, hanya ada 17 orang yang dirawat dan diisolasi di rumah sakit. Mereka dirawat di Rumah Sakit Dustira Cimahi karena memiliki keluhan medis.

"Karena ada keluhan, meskipun dalam drajat keluhan ringan. Di antaranya (keluhan) paling banyak dari 17 orang ini demam, beberapa di antaranya mengeluh di pernafasannya, baik batuk maupun agak sesak," jelas Yuri.

Sementara sisanya, yakni sebanyak 1.245 orang diketahui tak merasakan keluhan apapun.

"Dan saat ini semuanya kita karantina di wilayah Pendidikan Secapa, Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat di Bandung," tandasnya.

Sementara itu, jumlah penambahan kasus baru positif Covid-19 di Jawa Timur pada hari ini mencapai 517 orang dengan penambahan 263 orang sembuh. Saat ini, total kasus positif Covid-19 di Jawa Timur masih tertinggi, yakni mencapai 14.967 orang.

2 dari 3 halaman

Kasus Positif, Sembuh, dan Meninggal

Secara nasional, penambahan harian kasus positif virus corona di Indonesia per Kamis (9/7/2020) adalah 2.657 orang. Sehingga totalnya saat ini mencapai 70.736 orang.

Sementara kasus sembuh di Indonesia juga bertambah 1.066 orang. Dengan begitu, saat ini total ada 32.651 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona Covid-19.

Sedangkan kasus meninggal dunia akibat virus corona Covid-19 di Indonesia bertambah 58 orang. Sehingga, sejauh ini totalnya terdapat 3.417 orang yang meninggal akibat Covid-19.

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Rabu, 8 Juli 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: