Sukses

Bersepeda di Kawasan Bundaran HI, Anies: Antusiasme Masyarakat Tinggi

Anies mengatakan, rencananya kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day dilakukan kembali pada Minggu (21/6/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan sejumlah jajarannya bersepeda di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu (14/6/2020).

Anies menyatakan adanya antusiasme tinggi masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga bersepeda.

"Volumenya banyak, jadi disiapin satu lajur untuk sepeda tapi volume sepedanya jauh lebih besar dari lajur yang disiapkan," kata Anies di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2020).

Karena hal itu, dia mengatakan rencananya kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day dilakukan kembali pada Minggu (21/6/2020). Anies menyatakan kegiatan itu akan sepenuhnya untuk berolahraga.

"Tapi belum boleh berjualan, agar jarak amannya masih terjaga. Karena kalau naik sepeda dan jalan kaki masih bisa menjaga jarak aman. Tapi ketika berjualan itu potensinya padat," ucap Anies Baswedan.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan satu jalur sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk untuk sepeda pada Minggu (14/6/2020). Jalur tersebut akan dibuka mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Saat ini kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jakarta masih ditiadakan. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus corona atau Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan kegiatan bersepeda tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan. Mulai memakai masker hingga jaga jarak satu sama lainnya.

"Akhir pekan ini, HBKB belum dapat dibuka kembali. Namun, warga dapat memanfaatkan satu lajur paling kiri di Jalan Sudirman-Thamrin untuk bersepeda," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/6/2020).

Selain itu kata dia, sejumlah personel dari Dishub DKI akan dikerahkan di sepanjang Jalan Jalan Sudirman - Thamrin. Itu guna memastikan warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.