Sukses

Update Corona 11 Juni: Bertambah 507, Pasien Sembuh Covid-19 Jadi 12.636 Orang

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, jumlah pasien sembuh dari virus Corona semakin bertambah.

Menurut Yurianto, ada penambahan 507 orang yang dinyatakan sembuh dan negatif dari virus Corona Covid-19 pada Kamis (11/6/2020). Sehingga, kini jumlah pasien sembuh menjadi 12.636 orang.

"Pasien sembuh bertambah 507 orang," ujar Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB Jakarta hari ini. 

Kemudian untuk jumlah pasien Covid-19 meninggal pada hari ini bertambah 41 orang. Sehingga, total akumulatif ada 2.000 orang meninggal akibat Covid-19 sampai saat ini.

Sementara itu, hari ini ada 979 orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19. Dengan demikian totalnya mencapai 35.295 orang.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat sejak Rabu, 10 Juni 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB. 

2 dari 3 halaman

44 Persen Wilayah Indonesia Berstatus Aman Covid-19

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan ada 44 persen wilayah di Indonesia berstatus risiko rendah dan aman dari virus Corona Covid-19.

Hal ini disampaikan Doni saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu, 10 Juni 2020. 

"Hasil yang kita lihat sekarang ada 44 persen wilayah kabupaten/kota secara nasional dari 514 kabupaten/kota yang statusnya adalah risiko rendah dan aman, Pak Presiden, yaitu warna kuning dan warna hijau," kata Doni.

Doni kemudian menyampaikan bahwa daerah berisiko rendah Covid-19 ini mulai membuka sembilan sektor di bidang ekonomi. Dia memastikan, tahapan ini sudah melalui kajian mendalam dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

"Kita lakukan mulai dari daerah yang tidak ada kasus. Kemudian 9 sektor di bidang ekonomi yang risikonya sangat rendah, kemudian daerah yang risikonya juga rendah warna kuning," jelasnya.

Kebijakan membuka 9 sektor ekonomi saat pandemi Covid-19 diklaim berdampak positif pada perekonomian nasional. Doni menyebut, setelah kebijakan tersebut disampaikan kepada publik, nilai mata uang rupiah langsung menguat.

"Dan juga menurut Gubernur Bank Indonesia, cadangan devisa kita tetap berada di atas Rp 130 miliar. Salah satu kajian dari politikum salah satu lembaga menempatkan Indonesia berada pada posisi yang relatif cukup bagus, Bapak Presiden," sambung Doni.

Meski demikian, Doni melaporkan masih ada sejumlah daerah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Dia berjanji akan terus memonitoring dan mempercepat proses penanganan sehingga Indonesia bebas dari ancaman Covid-19.

"Kami sesuai perintah Bapak Presiden, daerah-daerah yang relatif berisiko tinggi tetap kami kawal," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: