Sukses

Jokowi Minta Terawan Bantu Penanganan Virus Corona di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo membantu penanganan virus corona di Jawa Timur. Pasalnya, kasus corona di Jawa Timur saat ini naik signifikan.

"Di Jawa terutama agar dibantu memberikan dukungan penuh Provinsi Jawa Timur. Terutama tentang kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Selain rumah sakit rujukan, Jokowi juga meminta agar dilakukan percepapatan pengujian sampel virus corona dan pelacakan terhadap yang terpapar. Dengan begitu, maka penyebaran virus corona dapat dikendalikan.

"Pak Menteri Kesehatan juga Ketua Gugus Tugas, saya minta untuk Jatim jadi perhatian," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Selain Jawa Timur

Bukan hanya di Jawa Timur, dia memerintahkan agar Gugus Tugas dan kementerian fokus terhadap daerah-daerah yang memiliki kasus virus corona cukup tinggi.

Termasuk provinsi lain di luar Pulau Jawa yang memiliki penambahan kasus cukup tinggi, seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Papua, dan NTB.

"Target uji spesimen, 10 ribu perhari yang sudah saya berikan target beberapa bulan lalu agar ini dikejar, sehingga ada sebuah kecepatan," jelas Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: