Sukses

Menko Mahfud Md: Alhamdulillah Idul Fitri Berjalan Lancar

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md bersyukur Ramadan dan Idul Fitri berjalan dengan baik, meskipun di tengah wabah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Berdasar laporan dan informasi yang masuk dari aparat keamanan, dari petugas petugas lapangan, alhamdulillah Idul Fitri berjalan lancar, masyarakat juga melaksanakannya dengan tertib, tidak ada laporan kecelakaan lalu lintas yang cukup berarti," kata Mahfud, Senin (25/5/2020).

Dia mengatakan, atas nama pemerintah di bidang politik hukum dan keamanan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah melaksanakan salat Idul Fitri dan merayakannya dengan baik dan tertib.

Mahfud Md juga memuji kepada seluruh aparat keamanan di lapangan baik itu TNI, Polisi, satpol PP dan pejabat-pejabat pemerintah di berbagai daerah yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Sehingga hari raya Idul Fitri sampai dengan hari ini hari kedua ini berjalan dengan baik," tutur Mahfud.

Meskipun demikian, dia tetap meminta agar masyarakat tetap memenuhi protokol kesehatan yang ada. "Tetaplah ikuti protokol kesehatan pakai masker kalau keluar rumah, cuci tangan dengan air yang mengalir, pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan. Mudah-mudahan kita selalu menjadi lebih baik dari hari ke hari," pungkas Mahfud.

2 dari 3 halaman

Mahfud Md Salat Idul Fitri di Rumah Dinas Bersama Keluarga

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md melaksanakan salat Idul Fitri secara berjamaah di rumah dinasnya di Jakarta, Minggu (24/5/2020). Mahfud salat id bersama beberapa anggota keluarga dan ajudannya.

Berdasarkan informasi Humas Kemenko Polhukam, seperti dilansir Antara, Mahfud Md bertindak sebagai imam, sekaligus khatib dalam salat Idul Fitri tersebut.

Sebagai makmum, yakni sang istri Zaizatun Nihayati dan putranya Royhan Akbar, kemudian ajudan Mahfud dan ajudan istrinya.

Sementara, kedua anaknya yang lain, yakni Mohammad Ikhwan Zein dan Vina Amalia tidak terlihat dalam pelaksanaan salat Idul Fitri tersebut.

Sebelumnya, melalui tayangan video yang dibagikan Humas Kemenko Polhukam, Mahfud Md mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah dengan jumlah orang yang terbatas.

Demikian pula, halalbihalal yang disarankannya sebisa mungkin dilakukan secara virtual.

"Idul Fitri dalam suasana pandemi, mari kita laksanakan salat Id dan berhalalbihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud.

Menurut dia, anjuran tersebut diserukan pemerintah setelah membaca seruan-seruan dari lembaga keagamaan, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: