Sukses

Jokowi: Gugus Tugas RT/RW Kunci Pengendalian Penyebaran Covid-19

Jokowi meminta kepada menteri dan kepala daerah untuk memperkuat Gugus Tugas di tingkat RT/RW.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat RT/RW dan desa merupakan kunci pengendalian penyebaran virus corona. Menurut dia, unit masyarakat di tingkat paling bawah lah yang paling efektif untuk menekan angka penyebaran corona.

"Laporan yang saya terima dari para Gubernur baik yang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maupun yang tidak, memang kesimpulannya yang paling efektif dalam pengendalian penyebaran Covid-19 ini adalah unit masyarakat yang paling bawah," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (18/5/2020).

Untuk itu, dia meminta kepada menteri dan kepala daerah untuk memperkuat Gugus Tugas di tingkat RT/RW. Jokowi lantas mencotohkan pemerintah provinsi Bali yang berhasil menekan penyebaran virus corona dengan mengerahkan desa adat.

"Misalnya di Bali ada desa adat, ini penting sekali, kuncinya di sini gugus tugas tingkat RT/RW atau desa atau desa adat," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Meningkat

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan bahwa jumlah kasus virus corona di Indonesia mencapai 17.514 orang hingga Minggu (17/5/2020). Total ada 489 penambahan kasus corona di tanah air.

Sementara itu, pasien yang sudah sembuh bertambah 218 orang. Mereka dinyatakan dua kali negartif virus corona setelah menjalani dua kali pemeriksaan melalui metode polymerase chain reaction (PCR).

Jumlah pasien yang sudah sembuh saat ini yakni, 4.129 orang . Adapun total pasien yang meninggal akibat virus corona bertambah menjadi 1.148 orang.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, DKI Jakarta menjadi daerah dengan angka penyebaran tertinggi di Indonesia. Tercatat ada penambahan sebanyak 132, sehingga kini total 6.010 kasus positif di DKI Jakarta.

Kemudian, penambahan kasus tertinggi juga terjadi di Jawa Timur yakni 47. Total kasus positif corona di Jatim saat ini sebanyak 2.152.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.