Sukses

Budi Karya Disebut Kembali Positif Covid-19, Kemenhub: Itu Menyesatkan  

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menanggapi kabar yang menyebut Menteri Perhubungan Budi Karya kembali positif Covid-19. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menegaskan kabar tersebut adalah tidak benar.

"Sehubungan pemberitaan yang menyebut Menhub Budi Karya kembali positif Covid-19, perlu kami sampaikan berita tersebut menyesatkan dan berpotensi merugikan Menhub," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/5/2020).

Adita menyatakan, saat ini Menhub Budi Karya dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19.

Budi Karya dinyatakan positif Covid-19 pada 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD. Saat dirawat di RSPAD Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif.

Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua. Sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut negative.

Menhub dinyatakan positif kembali, dimana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya  yang jugaWakil Kepala RSPAD.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: