Sukses

Seorang Ibu Positif Corona di Tangerang Melahirkan Bayi Sehat di RS Siloam

Seorang pasien positif Covid-19, berinisial EF melahirkan bayi laki-laki sehat di Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Kabar gembira ditengah pandemi virus Corona Covid-19 yang melanda Indonesia. Seorang pasien positif Covid-19, berinisial EF melahirkan bayi laki-laki sehat di Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Bayi yang dilahirkan secara sectio caesarea atau caesar (SC) itu, berhasil dilahirkan dengan selamat pada Selasa, 28 April 2020, sekitar pukul 14.28 WIB. "Panjangnya 47 cm, lingkar kepala 33 cm, beratnya sekitar 2.8 kilogram. Bayinya sehat," ungkap Head of Corporate Communication Lippo Karawaci Tbk, Danang Kemanyanjati Rabu (29/4/2020).

Sementara, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, dokter yang menangani persalinan pasien Covid-19 yang melahirkan dipimpin oleh spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua dr. Jacobus Jeno Wibisono. Bersama dokter spesialis anak dr Angelina, dan dokter spesialis anestesi dr. Ronald Christian Agustinus Aritonang.

Jacobus mengaku, bila proses persalinan menerapkan protokol yang ketat.

"Kami menerapkan protokol yang ketat untuk operasi SC pasien terkonfirmasi Corona Covid-19. Tindakan dilakukan di kamar operasi dengan tekanan negatif, jumlah petugas di kamar operasi seminimal mungkin, yang seluruhnya menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3 sesuai prosedur yang berlaku," tuturnya.

Lalu, pasca operasi, ruangan juga dibersihkan secara menyeluruh sesuai standar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibu dan Bayi Dipisahkan

Jacobus juga memastikan, bila kondisi ibu dan bayi tersebut dalam kondisi stabil. Namun, hingga saat ini keduanya masih dipisahkan dalam kamar yang berbeda.

"Ibu dan bayi dirawat di ruangan yang terpisah, sehingga bayi tidak disusui langsung oleh ibunya, namun dengan ASI perah," ungkapnya.

Sementara, menurut dokter spesialis anak, dr Angelina, tim dokter di rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 itu juga terus memantau perkembangan kondisi bayi dan memperhatikan dengan seksama apabila ada gejala yang muncul.

"Proses swab-PCR test untuk bayi segera dipersiapkan, untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.