Sukses

Menko Airlangga Tolak Usulan Kartu Prakerja Dialihkan untuk BLT

Airlangga mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran dana bantuan langsung tunai ke sejumlah program jaring pengaman sosial.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menolak usulan sejumlah pihak untuk mengalihkan dana Kartu Prakerja ke Bantuan Langsung Tunai (BLT). Menurut dia, dana untuk bantuan tunai yang dianggarkan pemerintah jumlahnya sudah cukup banyak.

"Terkait dengan Kartu Prakerja, kita sudah punya banyak BLT dan itu seperti sudah dijelaskan dalam BLT itu ada paketnya Rp 105 triliun," kata Airlangga dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Rabu (22/4/2020).

Dia mengatakan pemerintah telah mengalokasikan anggaran dana bantuan langsung tunai ke sejumlah program jaring pengaman sosial.

Mulai dari penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditambah dua kali lipat menjadi 20 juta, Bantuan Pangan Nontunai (BNPT) yang naik menjadi Rp200 ribu per bulan, hingga program padat karya di sejumlah kementerian.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas bagi Korban PHK

Pemerintah juga menambah anggaran Kartu Prakerja yang mulanya Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun. Anggaran itu digunakan untuk memberikan insentif kepada penerima Kartu Prakerja yang masing-masing nominalnya Rp 3,55 juta per orang.

"Kartu Prakerja menjadi jaring pengaman sosial untuk mereka kehilangan pekerjaan," ucap Airlangga.

Hal itu, kata dia, lantaran pemerintah menilai pandemi virus corona (Covid-19) sudah membawa dampak negatif ke berbagai sektor usaha.

Sehingga, Kartu Prakerja saat ini diprioritaskan untuk pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Ini sifatnya juga temporery (sementara). Artinya nanti apabila situasi normal dia akan menjadi kartu prakerja sesuai desain awal yaitu untuj upskilling dan reskilling," jelas Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi