Sukses

Wishnutama Persiapkan Rebound Pariwisata 2021 Pasca Pandemi Corona

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama meyakini sektor pariwisata akan kembali bangkit dan berkembang pesat pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama meyakini sektor pariwisata akan kembali bangkit dan berkembang pesat pada 2021. Dia menyadari bahwa pariwisata adalah salah satu sektor yang terdampak paling besar akibat pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita meyakini di 2021 karena work from home ini pariwisata justru bisa rebound dengan sangat signifikan," ujar Wishnutama dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Kamis (16/4/2020).

Dia pun akan menyiapkan strategi untuk menarik para wisatawan ke Indonesia. Sebab, negara-negara lain diprediksi juga mulai mempromosikan pariwisatanya pasca corona berakhir.

"Sebagai catatan ini dilakukan setelah pandemi Covid-19 berakhir. Kita cukup meyakini bahwa 2021 nanti industri pariwisata ekonomi kreatif dan banyak sekali sektor ekonomi kreatif ini yang terkait dengan sektor pariwisata," jelasnya.

Wishnutama mengaku pihaknya tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait destinasi super prioritas. Hal ini dilakukannya untuk mempersiapkan rebound pariwisata pasca pandemi corona.

"Fokus utama kita nanti justru kepada hal-hal yang sangat basic di destinasi pariwisata dan saya sudah berbicara dengan beberapa pemda," ucapnya.

Hal basic yang dimaksudnya antara lain, higienitas, toilet kebersihan keselamatan dan keamanan. Menurutnya, hal tersebut perlu diutamakan dalam rangka menghadapi reboud pariwisata pasca corona.

"Jadi benar-benar kita balik ke soal basic dan training mengenai hospitality untuk pasca Covid-19," kata Wishnutama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wabah Selesai Akhir Tahun?

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini wabah corona bisa selesai di akhir tahun ini. Dengan begitu, maka industri pariwisata yang lesu akibat corona kembali booming.

Dia pun meminta jajarannya memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan kembali pariwisata Indonesia. Jokowi juga meyakini akan ada lonjakan pariwisata setelah wabah ini berakhir.

"Semua orang pengen keluar, semua orang pengen menikmati kembali keindahan-keindahan yang ada di wilayah-wilayah yang ada pariwisatanya," tutur Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Kamis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.