Sukses

Doni Monardo: APD Covid 19 Masalah Global, Bukan Hanya di Indonesia

Doni menuturkan bahwa pihaknya sudah menerima 570 ribu APD. Sebanyak 390 APD telah didistribudikan ke daerah-daerah terdampak Covid 19

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, kurangnya alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang merawat pasien positif virus corona bukan hanya persoalan di Indonesia saja. Menurut dia, negara-negara lain yang terdampak Covid 19 juga mengalami persoalan sama.

"APD bukan hanya masalah domestik kita. Tapi juga masalah global," ucap Doni dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (6/4/2020).

Bahkan, ada negara yang mengambil alih proses pendistribusian APD. Kendati begitu, Doni menyebut bahwa Indonesia akan memproduksi APD dengan bahan baku lokal sehingga stok untuk tenaga medis tercukupi.

"Alhamdulilah kerja sama perguruan tinggi peneliti kita, kemungkinan kita di masa depan akan dapat memprodulsi APD dengan bahan baku lokal yang tersertifikasi. Sehingga akan mengurangi ketergantungan," jelas dia.

Doni menuturkan bahwa pihaknya sudah menerima 570 ribu APD. Sebanyak 390 APD telah didistribudikan ke daerah-daerah terdampak Covid 19.

"Adapun yang terakhir tiba siang ini sebanyak 105 ribu dan ini pun akan segera kita prioritaskan untuk kita distribuskan terutama pada rumag sakit yang ada di daerah-daerah terdampak," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Dokter dan Rumah Sakit

Dia menyatakan bahwa pendistribusian APD bukan hanya untuk tenaga medis atau rumah sakit yang menangani virus corona. Namun, pengadaan APD juga akan diprioritaskan bagi rumah sakit dan dokter yang menagani penyakit selain corona.

"Pengadaan APD menjadi sangat prioritas bukan hanya kepada dokter yang berada di garis depan untuk melayani Covid-19. Tetapi semuanya dokter karena ternyata pasien yang diperiksa bukan Covid pun bisa jadi carrier, bawa virus walaupun sudah berkali-kali diingatkan melalui idi untuk waspada," kata Doni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.