Sukses

PAN Copot Mulfachri Harahap dari Wakil Ketua Komisi III DPR

Sekretaris Fraksi PAN Ahmad Yohan mengatakan, pergantian tersebut merupakan hal yang biasa. Sebagai sebuah bentuk penyegaran.

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mencopot Mulfachri Harahap dari kursi Wakil Ketua Komisi III. Posisi Mulfachri digantikan oleh Pangeran Khairul Saleh.

Pergantian Mulfachri tertuang dalam surat bernomor 01.027/K-S/FPAN/DPR RI/III/2020 tertanggal 27 Maret. Surat ditandatangani Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais dan Sekretaris Fraksi PAN Ahmad Yohan.

Sekretaris Fraksi PAN Ahmad Yohan mengatakan, pergantian tersebut merupakan hal yang biasa. Sebagai sebuah bentuk penyegaran. "Hal biasa, dalam rangka penyegaran," kata dia, ketika dihubungi, Senin (6/4/2020).

Ketua Fraksi PAN, kata dia, sudah komunikasi dengan Mulfachri terkait pergantian tersebut. Mulfachri pun tidak mempersoalkan pergantian tersebut.

"Ketua fraksi sudah berkomunikasi dengan saudaraku Mulfachri soal penyegaran ini dan beliau tidak keberatan," jelas Ahmad Yohan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantah Terkait Kongres PAN

Yohan pun membantah bahwa pergantian tersebut merupakan imbas dari pertarungan Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Mulfachri di Kongres V PAN pada 10-12 Februari lalu. 

Sebagaimana diketahui, Mulfachri Harahap merupakan salah satu pesaing Zulhas dalam perebutan kursi Ketua Umum PAN dalam Kongres yang diselenggarakan di Hotel Claro Kendari tersebut.

Menurut Yohan, pergantian dalam rangka penyegaran tidak hanya terjadi di Komisi III saja. "Dan penyegaran tidak hanya di komisi III, setelah ini juga akan ada penyegaran di komisi dan alat kelengkapan lainnya baik di pimpinan mau pun anggota. Jadi prosesnya normal saja," tandasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.