Sukses

Anies: Perang Melawan Covid 19 Masih Panjang, Harus Maraton

Dalam situasi seperti sekarang, tegas dia, yang dibutuhkan adalah tindakan cepat oleh pemangku kebijakan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, butuh kerja sama semua pihak untuk menanggulangi Covid-19. Sebab, menurut dia, proses penyebaran juga upaya penanggulangan Covid-19 bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

"Ini masih panjang. Ini bukan sprint, ini maraton,” kata Anies ketika menerima bantuan dari Kadin Indonesia, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Dalam situasi seperti sekarang, tegas dia, yang dibutuhkan adalah tindakan cepat oleh pemangku kebijakan.

"Dan kita semua pokoknya dalam situasi seperti ini yang penting adalah action-nya terlaksana. Birokrasi mengikuti kemudian. Regulasi dan lain-lain," ujar dia.

Menurut Anies, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat merupakan elemen yang ada di garda terdepan dalam perang melawan Covid-19. Upaya pencegahan oleh garda terdepan ini harus dijalankan sungguh-sungguh. Dengan demikian kerja-kerja tenaga medis dapat dibantu, bukan malah diberikan beban yang makin besar.

“Yang garda terdepan dalam menghadapi kita semua adalah kita yang bisa menjaga. Pertahanan terakhirnya adalah teman-teman medis. Teman-teman medis itu bekerja luar biasa kalau pertahanan depannya bobol makin banyak yang harus dirawat. Makin besar bebannya," ujar Anies Baswedan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harap Pebisnis Ambil Keputusan yang Tepat

Kepada pelaku usaha, lanjut Anies, tentu saat-saat ketika Covid-19 merebak seperti akhir-akhir ini, merupakan waktu yang berat. Mengingat pelaku usaha harus bisa membuat keputusan baik untuk menjaga bisnis dari hantaman perekonomian yang turun, serentak harus berupaya menjaga para karyawan yang menggantungkan nasibnya pada keputusan bisnis pemilik usaha.

"Khusus bagi teman-teman dunia usaha saya membayangkan situasi yang tidak ringan. Karena setelah Covid-19 ini ada, ada masalah perekonomian. Ini tiap pribadi yang berdiri di sini (pelaku usaha) punya anak buah, puluhan, ratusan ribu yang harus tetap mereka kelola supaya ratusan ribu keluarga yang ada juga tetap bisa berkegiatan. Ini bukan sesuatu yang ringan,” ungkapnya.

Dia berharap, pelaku usaha dapat membuat keputusan-keputusan bisnis secara tepat. Dengan begitu, usahanya dapat bertahan selama periode merebaknya Covid-19. Kerja sama akrab antara pemerintah dan pelaku usaha tetap dibutuhkan ke depan.

"Izinkan saya atas nama warga Jakarta menyampaikan terima kasih atas dukungannya dan mohon kami didukung terus,” katanya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.