Sukses

Kepala Gugus Tugas Covid-19 Ajak Seluruh Masyarakat Kolaborasi Lawan Corona

Doni menuturkan, angka kasus bisa turun jika seluruh pihak disiplin dalam melakukan segala protokol pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Gugus Tugas penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan seluruh pihak menggunakan metode kolaborasi pentahelix berbasis komunitas dalam penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Pentahelix merupakan kerja sama antar lini di masyarakat.

Dia juga mengingatkan seluruh perangkat pemerintahan mulai tingkat Provinsi hingga RT/RW secara aktif di saat penyebaran virus Corona.

"Kami selalu mengajak seluruh pihak untuk menggunakan metode kolaborasi pentahelix berbasis komunitas dan ini kami sangat harapkan tidak hanya di pusat melainkan juga tingkat provinsi, tetapi juha menyentuh tingkat provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, kelurahan, desa, bahkan sampai RT RW," ucap Doni saat konferensi pers di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (28/3).

Ia menekankan seluruh pihak tetap optimis dalam menghadapi virus Corona yang saat ini sudah mencapai seribu lebih kasus positif.

Doni menuturkan, angka kasus bisa turun jika seluruh pihak disiplin dalam melakukan segala protokol pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kita bisa mengatasi ancaman virus ini manakala kita tetap menjaga, disiplin, dengan semangat gotong royong kita bisa bersama menangani Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, dia mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang terus mengalir. Khususnya bantuan bagi tenaga medis, pekerja di rumah sakit seperti sopir ambulans, sopir mobil jenazah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data 28 Maret 2020

Juru bicara pemerintah penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu, 28 Maret 2020 bertambah sebanyak 109 kasus. Oleh karena itu, total keseluruhan pasien Covid-19 karena virus Corona di Indonesia menjadi 1.155 orang.

Menurut dia, data ini dikumpulkan sejak pukul 12.00 Jumat 27 Maret sampai pukul 12.00 WIB, Sabtu 28 Maret 2020.

Dari jumlah tersebut, ada sejumlah pasien yang sembuh dan dinyatakan pulang. "Kemudian pasien sembuh dan bisa pulang bertambah 13 sehingga total menjadi 59," kata Yurianto dalam jumpa pers di BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan, jumlah pasien yang meninggal juga bertambah. Hingga saat ini, data akumulasi menunjukkan ada 102 orang yang meninggal karena Corona.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber Merdeka

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.