Sukses

Wisma Atlet Kemayoran Diperkirakan Bisa Tampung 3 Ribu Pasien Corona Covid-19

Awal peruntukan RS Darurat Corona ini hanya untuk menampung pasien di lingkup Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menyiapkan dua tower di Kompleks Wisma Atlet Kemayoran untuk menangani pasien virus Corona atau Covid-19. Sarana dan prasarana yang disediakan diperkirakan mampu menampung 3 ribu pasien.

"Tower 7 mempunyai kapasitas 1.700 orang dan tower 6 berkapasitas 1.300 orang. Sehingga totalnya 3.000 pasien mampu ditampung. Kalau buruk bisa digunakan tower 4 dan 5," kata Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono saat konferensi pers di Gedung BNPB, Kamis (26/3/2020).

Eko mengakui, awal peruntukan RS Darurat Corona ini hanya untuk menampung pasien di lingkup Jabodetabek. Belakangan pasien dari luar Jabodetabek justru berdatangan ke Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19. 

"Kenyataan hari pertama ada pasien dari Surabaya, Semarang. Kami tetap akan menerima, "ujar dia.

Sementara itu, menurut hasil simulasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diestimastikan ada sekitar 6 ribu orang terjangkit virus Corona

"Skenario terburuk bisa capai 6 ribu orang atau 7 sampai 8 ribu orang. Untuk astipasi pemerintah merubah wisma atlet menjadi RS Darurat Covid 19," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

208 Pasien Dirawat

Tercatat sejak beroperasi pada 23 Maret 2020, setidaknya sudah 208 yang berkunjung ke rumah sakit darurat ini.

"Pertama 74 pasien, pada tanggal 25 pagi ada 178 pasien, dan pagi sudah 208 pasien," tambah Eko. 

Eko mengatakan, rumah sakit di wisma atlet ini menerapkan sistem pelayanan self handling, self karantina, dan limitasi kontak dengan petugas.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.