Sukses

Cegah Penyebaran Covid-19, Empat Kebun Raya Ditutup Mulai Kamis Besok

Selama penutupan juga akan dilakukan mekanisme pengaturan kerja pegawai agar koleksi tumbuhan Kebun Raya tetap terawat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi pencegahan penyebaran virus Corona, seluruh kebun raya yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan ditutup selama 14 hari.

Penutupan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret 2020. Adapun kebun raya yang ditutup yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

"Kebun raya akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi," ujar Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, Rabu (18/3/2020). Dia mengatakan, LIPI berkewajiban menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dan berpartisipasi aktif mencegah penyebaran Covid-19 secara lebih luas.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R Hendrian menambahkan, penutupan sementara empat kebun raya merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19.

"Selama penutupan akan dilakukan langkah-langkah pencegahan, seperti penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di kebun raya," ujar Hendrian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pegawai Tetap Bekerja

Dia mengatakan, selama penutupan juga akan dilakukan mekanisme pengaturan kerja pegawai agar koleksi tumbuhan Kebun Raya tetap terawat.

"Sehingga ketika nanti dibuka kembali kebun raya tetap nyaman, rapi dan dalam kondisi terpelihara baik untuk dikunjungi masyarakat," tutup Hendrian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.